oleh

Mendadak, Lapas Jombang Cek Urine Napi Kasus Narkoba

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Jombang secara mendadak jalani pemeriksaan tes urine yang dilakukan petugas lapas. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi peredaran Narkoba di dalam Lapas, Jumat malam (13/12/2019).

Serangkaian tes urine tersebut dilakukan secara acak dengan melibatkan sebanyak 10 narapidana (Napi) yang terjerat kasus penyalahgunaan Narkoba. Satu persatu dari 10 napi tersebut diambil urine-nya lalu di tes dengan alat pendeteksi kandungan Narkoba.

“Tes urine ini kami lakukan secara mendadak dengan didampingi petugas dari Polres Jombang. Hasilnya, tidak ditemukan napi yang terindikasi positif sebagai pengguna Narkoba,” kata Kepala Lapas kelas IIB Jombang, Wachid Wibowo.

Ia menuturkan, selain melakukan pemeriksaan secara mendadak, Lapas Jombang juga rutin melakukan pemeriksaan cek urine kepada tahanan maupun Napi di lapas tersebut. Selain itu, tes urine juga dilakukan secara berkala kepada para pegawai lapas yang sifatnya mendadak.

“Tes urine ini juga sebagai bentuk pengawasan dan pembinaan buat seluruh warga binaan dan telah dilakukan berkala pula. Hingga saat ini, kami belum pernah menemukan adanya indikasi peredaran maupun penyahgunaan Narkoba di Lapas sini,” ujar dia kepada Jurnaljatim.com

Selain melakukan pengawasan terhadap para tahanan dan Napi, petugas Lapas juga memperketat pengawasan para pengunjung Napi. Setiap pengunjung diperiksa dengan menggunakan alat metal detector dan digeledah barang bawaannya. Jika ada pengunjung yang gelagatnya atau gerak-geriknya mencurigakan, maka akan diperiksa lebih lanjut.

“Kami juga selalu berkoordinasi dengan kepolisian,” pungkas Wachid Wibowo.

Sementara itu, Kasat Resnarkoba Polres Jombang, AKP Mochamad Mukid menambahkan, pihaknya sangat mendukung kegiatan tes urine yang dilakukan Lapas Jombang. Sebab, kegiatan itu bagian dari upaya pencegahan dan pemberantasan peredaran Narkoba di Jombang.

“Kegiatan seperti ini sangat positif, sebagai upaya pencegahan peredaran Narkoba,” kata Mukid usai pelaksanaan cek urine di Lapas Jombang.

FOTO: Lapas kelas IIB Jombang dan anggota Satresnarkoba Polres Jombang usai giat tes urine Narapidana. (Zainul Arifin/Jurnaljatim.com)

Editor: Azriel