oleh

Pilar Kesejahteraan Sosial Jadi Penggerak Kegiatan HKSN 2019 di Jombang

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Kabupaten Jombang menjadi tuan rumah peringatan HKSN atau Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional tingkat Propinsi Jawa timur tahun 2019. Pelaksanaannya kegiatan pada 14 Desember 2019 di Alun-lun Jombang dengan diisi dengan berbagai kegiatan sosial.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jombang, Moch Saleh menjelaskan, selama ini kegiatan HKSN hanya diperingati dengan kegiatan seremoni upacara-upacara. Biasanya diperingati jadi satu atau digabungan dengan upacara peringatan hari lainnya, diantaranya hari ibu. Namun, Saat ini ada inisiasi dari Gubernur Jatim untuk menggelar hari HKSN. Sebab, kata Saleh, HKSN mempunyai makna yang luar biasa.

“Salah satu penggerak motornya itu adalah pilar-pilar kesejahteraan sosial,” kata Saleh usai gelar penganugerahan penghargaan PBB pedesaan dan perkotaan di Bapenda Jombang, Selasa (10/12/2019).

Sebagai motor penggerak di lapang, kata Saleh, berkaitan dengan unsur dari Tagana, ada 1600 yang akan di datangkan di HKSN nanti. Kemudian, ada TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) yang jumlah se Jawa timur ada 666 tenaga, lalu ada PSM (Pekerja Sosial Masyarakat) kemudian dari PKH juga didatangkan semuanya.

“Itu kira-kira yang akan mensupport berkaitan dengan kegiatan HKSN tingkat Propinsi Jatim di Kab Jombang pada 14 Desember nanti,” kata Saleh.

Saleh menjelaskan, dipilihnya Kabupaten Jombang sebagai tuan rumah HKSN 2019 karena kinerja para pendamping-pendamping sosial di Jombang itu luar biasa. Menurut Saleh, HKSN mempunyai makna yang sangat luar biasa.

“HKSN mempunyai makna yang luar biasa dalam rangka membangkitkan semangat nilai nilai kesetiakawanan sosial bagi seluruh warga jawa timur harus kita gebyar,” kata Saleh.

Dia menambahkan, dalam peringatan HKS 2019 nanti, lanjut Saleh, Bupati Jombang juga akan mendapatkan anugerah dari Gubernur Jawa timur terkait dengan pemerhati masalah-masalah kesejahteraan sosial.

Sekteratis Daerah (Sekda) Jombang, Akhmad Jazuli menambahkan, pada pelaksanaan HKSN, akan diisi dengan kegiatan baksos, diantaranya pengobatan gratis, periksa mata, donor darah, bantuan untuk difabel, dan bantuan anak yatim. Kegitan itu Diikuti TKSK se Jawa timur

“Tentunya, untuk membangkitkan semangat jiwa sosial sesama anak bangsa,” ujarnya singkat.


Editor: Hafid