oleh

Polres Jombang Bentuk Tim Sterilisasi Pengamanan Natal 2019

JOMBANG (Jurnaljatim.com)Petugas gabungan dari TNI, Polri, serta ormas yang ada, akan terjun mengamankan perayaan Natal 2019 di Jombang. Fokus pengamanan diantarnya melakukan penjagaan gereja-gereja yang menjadi tempat ibadah para jemaat umat kristiani.

Waka Polres Jombang, Komp Budi Setiono, mengatakan, dalam pengamanan Natal, Polres Jombang juga akan membentuk tim sterilisasi yang bekerja secara khusus mensterilkan gereja-gereja sebelum kegiatan ibadah di mulai.

“Kita ada tim sterilisasi bukan Brimob. Jadi di Polres kita bentuk tim sterilisasi, tugasnya mungkin J-2 atau J-1 kurang satu jam kegiatan kita lakukan sterilisasi kemudian kita jaga sampai jemaat itu datang baru kita lakukan pengamanan biasa,” kata Kompol Budi Setiono dikonfirmasi usai melakukan patroli gabungan dengan sasaran gereja-gereja di Jombang, Jumat malam (13/12/2019).

Selain petugas gabungan dari TNI Polri serta Ormas, saat perayaan Natal juga melibatkan pengamanan internal gereja. Hal itu untuk mendeteksi jika ada orang yang bukan dari jemaat itu datang ke gereja tersebut.

“Dalam hal pengamanan gereja, tidak murni dari petugas keamanan baik dari TNI Polri maupun rekan-rekan Banser ormas yang ada, tapi juga melibatkan pengamanan gereja. Sehingga tahu dan bisa memapping dan memberitahu kita bahwasanya manakala ada orang yang bukan dari jemaat itu datang. Kita mengantisiapsi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Untuk di ketahui, di Jombang sendiri ada beberapa gereja yang akan digunakan ibadah Natal. Gereja Kristen Jawa Wetan yang berada di Mojowarno, Jombang tampaknya akan menjadi fokus pengamanan. Pasalnya, gereja tersebut jemaatnya mencapai ribuan orang.

“Tentunya, kita semua berbagi tugas pengamanan. Jika Jemaat itu ribuan seperti di Mojowarno, kita akan perkuat dengan Polsek, Polres, Kodim disana,” tandas Waka Polres Jombang.


Editor: Hafid