oleh

Beri Rasa Aman Peziarah, Puluhan Polisi Patroli di Parkiran Gus Dur

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Meski awalnya kaget, para peziarah di area parkir makam KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mengaku senang dan nyaman dengan kehadiran puluhan personel Polres Jombang dalam giat patroli malam di tempat tersebut.

Hal itu disampaikan Perwira pengawas (Pawas) Polres Jombang, AKP Mochamad Mukid yang mengikuti patroli skala besar itu, Minggu malam (26/1/2020).

Menurut Mukid, awalnya peziarah sempat kaget karena banyak polisi di tempat tersebut. Namun, setelah dilakukan dialog dan diberi penjelasan, para peziarah justru mengaku senang dan merasa nyaman.

“Kita berikan penjelasan, bahwa giat patroli ini untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dari gangguan kamtibmas dan tindak kejahatan lainnya,” ujar Mukid kepada Jurnaljatim.com usai berdialog dengan rombongan peziarah asal Wonosobo dan Brebes, Jawa tengah.

Saat itu, Mukid juga mengingatkan pada peziarah untuk menjauhi Narkoba. Kepada orang tua, agar mengawasi pergaulan putra-putrinya. Sebab, penyebaran barang haram tersebut, cukup masif ke segala penjuru.

“Jika tidak ingin masa depannya suram, jangan sampai putra-putri kita terkena Narkoba,” ujar perwira pertama yang menjabat sebagai Kasat Resnarkoba Polres Jombang ini.

Kabagren Polres Jombang, Kompol Sutono menambahkan, patroli skala besar tersebut, melibatkan 53 personel dari seluruh satuan fungsi. Giat itu, untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Polres Jombang.

“Patroli skala besar dilakukan untuk mencegah gangguan kamtibmas pasca libur tahun baru Imlek,” kata Kompol Sutono, Kabagren Polres Jombang yang memimpin giat patroli tersebut.

Kesiapan patroli skala besar tersebut harus dilakukan, menurut dia, untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat. Selain itu, untuk memastikan kondisi daerah aman dan kondusif.

“Dalam patroli akan ditentukan beatnya yang mampu menyentuh masyarakat untuk menunjukkan kepada masyarakat akan kehadiran Polri,” ujar Sutono.

Ia menyebutkan, patroli dilakukan di lokasi keramaian yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat, pemukiman penduduk, serta lokasi yang rawan tindak kejahatan meresahkan masyarakat.

Rute patroli dengan menggendarai kendaraan empat mobil yakni Jalan Wahid Hasyim di Lapas Jombang, Jalan Hasyim Asyari, Jalan raya Jombang- Kediri (Pasar Cukir), dan kawasan parkiran makam Gus Dur di Tebuireng Gg V, Kwaron, Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Kemudian kembali melintas di Jalan Hasyim Asyari, menuju Alun-alun di Jalan Diponegoro – Jalan Ahmad Yani dan Pasar Citra Niaga (Pasar Legi) Jombang.

“Selama giat patroli malam ini, tidak didapati adanya tindak kejahatan kriminalitas yang dapat mengganggu Kamtibmas. Artinya, Jombang dalam kondisi aman dan kondusif,” pungkas Kompol Sutono.


Editor: Hafid