oleh

Korsleting, Bangunan Hasil Bedah Rumah Milik Warga Jombang Terbakar

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Rumah seorang buruh kuli di Dusun Dempok, Desa Grogol, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Senin siang (13/1/2020) di lahap si jago merah. Bangunan bantuan bedah rumah itu milik Bambang Waluyo (48).

Selain menghanguskan bangunan, api juga membakar satu unit kendaraan sepeda motor yang berada di dalam rumah. Saat kejadian, rumah dari batu bata merah setengah badan dan atasnya papan kayu yang beratapkan asbes dalam keadaan kosong, karena pemiliknya berada di Surabaya.

Kebakaran pertama kali diketahui oleh kakak korban, Priyanto (50). Api yang bersumber dari dalam rumah dengan cepat membesar hingga meluluhlantakkan bangunan berukuran 4×6 meter tersebut.

Kejadian itu sontak membuat warga sekitar berhamburan keluar menuju ke rumah korban. Warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, upaya itu gagal, hingga akhirnya didatangkan dua unit mobil Pemadam Kebakaran (PMK).

“Apinya langsung membesar dan barang di dalam tidak sempat diselamatkan, termasuk sepeda motor Yamaha Alfa milik korban juga terbakar,” kata Priyanto.

Kepolisian Sektor Diwek Polres Jombang yang mendapat laporan, langsung menuju TKP dan mengamankan sekitar lokasi. Sementara petugas PMK berjibaku menjinakkan si Jago Merah. Hingga 2 jam lebih, api berhasil di padamkan tanpa ada korban jiwa.

“Hasil pendataan sementara, kerugian materiil mencapai Rp 10 juta,” kata Kapolsek Diwek Ach Chairuddin kepada Jurnaljatim.com, Senin sore.

Di lokasi kejadian, polisi mengamankan potongan kayu sisa kebakaran serta kerangka sepeda motor yang terbakar. Polisi menduga, kebakaran disebabkan dari korsleting listrik.

“Dugaan sementara, penyebab kebakaran dari korsleting listrik,” pungkas Kapolsek Ach Chairuddin.


Editor: Azriel