oleh

Laka Tunggal di Jombang, Truk Trailer Menggantung di Atas Sungai, Begini Nasib Sopir

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Jalan Raya ByPass, masuk Desa Betek, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa timur, pada Rabu pagi (29/1/2020) mendadak ramai jadi tontonan warga yang melintas di jalan raya tersebut.

Pasalnya, kendaraan truk trailer bernomor polisi AE 8148 BA mengalami kecelakaan tunggal dan posisi depan (kepala) kendaraan menggantung di atas sungai sedangkan buntut (belakang) truk di atas jembatan jalan raya.

“Truk trailernya menggantung, kejadiannya tadi pagi, sekitar jam 08.00 WIB,” kata Slamet (45) warga Betek utara, Desa Betek, Kecamatan Mojoagung di lokasi kejadian.

Kanit lalu lintas Polsek Mojoagung, Iptu Trisula, menjelaskan, dari keterangan saksi, truk trailer tanpa muatan itu berjalan dari arah barat ke timur. Truk berangkat dari Jawa tengah menuju ke Pasuruan untuk mengambil barang.

Truk itu dikemudikan oleh Sadi (38), asal Desa Sambirejo, RT 01 RW 05, Kecamatan Jatisono, Kabupaten Wonogiri, Jawa tengah dan kernetnya, bernama Novan Bagas (22) asal Kecamatan Jebres, Surakarta, Jawa tengah.

Nah, saat melintas di lokasi yang jalannya menikung, tiba-tiba sopir truk hilang kendali. Kendaraan kemudian menabrak PJU dan median jalan, terus melangkah ke jalur berlawanan dan menabrak pembatas jembatan di sebelah selatan dan tergantung di atas sungai.

FOTO: Terlihat posisi kepala truk melintang dan menggantung diatas sungai. (Zainul Arifin/Jurnaljatim.com)

Sopir dan kernet langsung menyelamatkan diri dengan meloncat ke sungai yang berketinggian 8 meter dari dasar sungai. Keduanya hanya mengalami luka-luka karena sempat terseret arus hingga 10 meter.

“Sopir dan kernetnya selamat, dan hanya luka. Saat ini dalam perawatan di Puskesmas Miagan, Mojoagung,” kata Trisula yang melakukan olah TKP.

Polisi yang berada di lokasi, segera melakukan olah TKP dan mengatur lalu lintas di jalan raya tersebut. Kendaraan itu, kemudian di evakuasi dengan menggunakan mobil derek dan dibawa ke kantor Satlantas.

“Untuk kerugian materiil Rp 2.000.000. Guna proses penanganan lebih lanjut, kami limpahkan ke unit laka Satlantas Polres Jombang,” kata Trisula.

Kasat Lantas Polres Jombang, AKP A Risky Ferdian Caropeboka, membenarkannya. Menurut dia, penyebab kecelakaan karena sopir mengantuk sehingga hilang kendali dan terjadilah laka lantas.

“Faktor yang mempengaruhi Laka lantas, karena pengemudi Kendaraan Truck Trailer yang berjalan dari arah barat ketimur kurang bisa mengendalikan kemudi karena mengantuk,” kata Risky dihubungi Jurnaljatim.com.

FOTO: Petugas melakukan olah TKP dan mengevakuasi truk trailer. (Zainul Arifin/Jurnaljatim.com)

Editor: Hafid