oleh

Musrenbangdes Totosan, Camat Batang-batang Minta Desa Programkan CCTV

SUMENEP (Jurnaljatim.com) Desa Totosan Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Musrenbangdes (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa) untuk Program Aggaran Tahun 2021, di kantor desa setempat, Senin (27/1/2020).

Camat Batang – Batang, Ir Joko Suwarno M.M yanh hadir dalam Musrenbangdes menuturkan, Kepala Desa tugasnya adalah menciptakan lapangan pekerjaan dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.

“Tumbuh berkembang desa berada di panduk kepemimpinan teratas Kepala Desa dan perangkat Desa, atau sebaliknya,”ucap Joko Suwarno.

Dia menegaskan, di Desa harus harus ada Home Industri, yang artinya terdapat rumah usaha produk barang atau perusahaan kecil yang dikelola oleh masyarakat, seperti mesin penjahit yang ditekuni oleh kaum perempuan untuk menciptakan lapangan pekerjaaan.

Mantan Sekertaris Dinas Tenaga Kerja Sumenep, itu juga meminta setiap Desa di wilayah Kecamatan Batang-Batang harus ada inovasi baru, yakni kantor Desa harus di programkan CCTV dan Panjer Wajar.

“Hal ini untuk meningkatkan kedisiplinan dari Kepala Desa dan perangkat Desa, demi pelayanan masyarakat yang terbaik,” ujarnya.

Joko menambahkan, masyarakat desa harus terlibat langsung dalam proses program pembanguan secara infrastruktur dan perkembangan sumber daya manusia, karena Desa tersebut, milik bersama dan menjaga yang sudah terealisasi.

“Kepala Desa, perangkat sekaligus masyarakat harus ada gotong royong untuk membangun Desa dari tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pemudanya,” imbuhnya

Sementara itu, Kepala Desa Totosan, Muribut, menyampaikam Musrenbangdes tersebut melibatkan perwakilan dari tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda, untuk penyusunan program kerja tahun anggaran 2021

“Masyarakat bisa mengusulkan program yang sangat dibutuhkan untuk pembangunan secara fisik maupun memperdayaan masyarakat, dalam wadah industri kecil,” katanya.

Untuk membangun Desa, lanjut Kades Muribut, partisipasi masyarakat sangat penting untuk gotong royong bersama, agar tercipta Desa maju dan berkembang, sehingga mengurangi angka kemiskinan dan penganguran.


Kontri: Khairullah Thofu

Editor: Azriel