Sosialisasi Keselamatan Kereta, PT KAI: Perlintasan Sebidang Tanggung Jawab Pemda

MADIUN (Jurnaljatim.com) -Dinas Perhubungan Provinsi Jawa timur melakukan sosialisasi keselamatan perjalanan KA di perlintasan sebidang jalur KA. Kegitan itu dilaksanakan di di Kantor Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten , Kamis (12/3/2020).

Hadir sebagai narasumber, di antaranya, Kabid Angkutan Dishub Kabupaten Magetan, Sungkono; Kanit Dikyasa Magetan Iptu Sumarno; Kepala Jasa Raharja perwakilan Madiun Adhitya Angga Dewa; dan dari PT (Persero) Daop 7 Madiun di wakili Manager Pengamanan Operasional Api (Man Pam Opka) M. Latif Hendro Kusumo bersama Senior Manager Pengamanan Hery Purnomo, dengan dimediatori oleh KUPT LLAJ Madiun Ahmad Supriyatna.

Acara tersebut juga dihadiri juga Muspicam Kecamatan Kartoharjo, desa di kecamatan Kartoharjo, tokoh masyarakat, serta para pelajar.

“Kami sampaikan terima kasih dan merasa senang sekali karena sudah memilih Kecamatan Kartoharjo untuk dilakukan sosialisasi. Karena di wilayah kecamatan Kartoharjo juga terdapat perlintasan sebidang KA,” ujar Kartoharo Dicong Maleleh.

Sementara itu, Man Pam Opka, Latif Hendro menyampakan bahwa, karakter pengereman tidak bisa berhenti secara . Selain itu, sesuai amanat UU 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan PM 94 Tahun 2018 tentang Peningkatan Keselamatan Perlintasan sebidang antara jalur KA dengan jalan.

“Yang bertanggung jawab terhadap perlintasan sebidang adalah pemerintah daerah, berdasarkan kelas jalannya,” tegas Latif Hendro.

Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, menambahkan, pada prinsipnya pihaknya sangat mengapresiasi langkah atau tindakan dalam melakukan kegiatan sosialisasi terkait keselamatan perjalanan KA di perlintasan sebidang jalur KA.

“Kami menghimbau juga pada pemerintahan setempat untuk melakukan penutupan perlintasan sebidang tanpa ijin, terlebih sekarang ini jalur ganda sudah dioperasikan, serta para pengguna jalan utk lebih meningkatkan kesadaranya saat melintas perlintasan sebidang dengan cara mematuhi rambu-rambu yang ada,”ujar Ixfan kepada Jurnaljatim.com.


Editor: Hafid