oleh

240 Orang Warga Sukajeruk Masalembu Terima BLT-DD Rp600 Ribu

SUMENEP (Jurnaljatim.com) – Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Desa Sukajeruk, Kecamatan Masalembu, Kabupaten Sumenep telah cair dan sudah didistribusikan kepada masyarakat penerima manfaat, Jumat (22/5/2020) di balai desa setempat.

“Alhamdulillah, hari ini dananya sudah cair dan langsung kami berikan kepada masyarakat penerima supaya langsung bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujar sekdes Sukajeruk Ahmad Sholeh.

Ia menjelaskan, BLT-DD yang dialokasikan dari dana desa sebesar 35 persen itu disalurkan untuk 240 orang penerima. dan ini merupakan alokasi dana desa maksimal, secara aturan Permen Desa PDTT Nomer 06 tahun 2020 tentang prioritas anggaran dana desa dan sudah di sepekati lewat musyawarah desa kemudian disetujui oleh Camat Masalembu.

“Kita alokasikan maksimal sebesar 35 persen dan sampai hari ini baru desa Sukajeruk di Kabupaten Sumenep yang mengalokasikan secara maksimal dana desanya untuk penanganan COVID-19 berupa BLT,” ujarnya.

Pendistribusian bantuan pada tahap pertama, penerima mendapatkan sebesar Rp600 ribu dan akan dilanjutkan untuk tahap berikutnya setelah lebaran idulfitri. Bagi masyarakat yang sakit tidak bisa datang ke balai desa, maka petugas didamping kepolisian dan perbankan, memberikan langsung ke rumah penerima.

“Tahap pertama hari ini, untuk tahap kedua dan ketiga insyaallah habis lebaran, menggunakan pencairan dana berikutnya,” imbuhnya.

Sholeh berharap, masyarakat yang menerima bantuan dapat menggunakan uang dengan bijak dan lebih mengutamakan kebutuhan pokok atau primer daripada kebutuhan yang sekunder.

“Ini bertepatan dengan momentum lebaran Idulfitri jangan sampai masyarakat yang menerima menggunakan uang tersebut untuk membeli baju lebaran ketimbang bahan pokok,” pungkasnya.


Editor: Hafid