oleh

Bertambah Tiga, Pasien COVID-19 di Tuban Tembus 43 Orang

TUBAN (Jurnaljatim.com) – Tiga warga Kabupaten Tuban kembali dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19. Dari tambahan itu, per Jumat (29/5/2020) sekitar pukul 18.00 Wib, total jumlah angka kumulatif kasus positif virus corona tembus 43 orang.

“Jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Tuban bertambah 3 orang. Dua di antaranya sebelumnya berstatus PDP,” kata Ebdah Nurul Komariyati, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tuban.

Ketiga orang yang terinfeksi virus corona tersebut adalah perempuan (52) asal Kecamatan Palang. Kemudian, laki-laki (59) dan seorang anak laki-laki (2) yang keduanya warga Kecamatan Kerek.

“Penambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 itu sesuai dengan hasil Tes RT-PCR yang dikeluarkan oleh Institute of Tropical Desease rumah sakit Universitas Airlangga Surabaya,” jelasnya.

Dari penambahan itu, saat ini jumlah kumulatif orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 43 orang. Dengan rincian ada 4 orang sembuh atau negatif, dan 2 orang meninggal dunia.

“Ada 37 orang yang berstatus positif Covid-19 masih dalam perawatan,” imbuhnya

Sesuai data peta sebaran COVID-19 Kabupaten Tuban, jumlah kumulatif ODP sebanyak 629 orang. Dengan keterangan sebanyak 517 orang selesai pemantauan dan 112 orang masih dalam pemantauan.

“Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) mencapai 60 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 26 orang sembuh, 14 orang meninggal dunia, dan sisanya masih dalam pengawasan sebanyak 20 orang,” terangnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Pemkab Tuban itu mengajak semua masyarakat untuk semakin meningkatkan kewaspadaan dan mematuhi Protokol Kesehatan yang ada. Terutama menghadapi adanya era tatanan normal baru atau new normal.

“Gunakan masker jika keluar rumah dan ikuti anjuran pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19,” imbaunya.

Ia menambahkan saat ini telah diterbitkan Protokol New Normal sesuai Keputusan Menteri Kesehatan No. HK. 02.01/ MENKES/ 335/ 2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan COVID-19 di Tempat Kerja, Sektor Jasa dan Perdagangan (area publik) dalam mendukung keberlangsungan usaha.
Sehingga, untuk itu Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten akan terus mensosialisasikan kepada seluruh komponen masyarakat tentang persiapan pelaksanaan protokol new normal tersebut.

“Kita berharap Pandemi ini segera berakhir, dan masyarakat bisa beraktivitas kembali secara produktif,” tuturnya.


Editor: Z. Arifin