oleh

BLT-DD Baru Tersalurkan di Dua Desa di Kecamatan Batang-Batang

SUMENEP (Jurnaljatim.com) Dari jumlah 16 desa di Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep, baru dua desa yang sudah menyalurkan Bantuan Lansung Tunai Dana Desa (BLT-DD) ke warga yang terdampak wabah virus corona (COVID-19).

Sebelumnya penyaluran BLT DD dilakukan di Desa Nyabakan Barat, dan untuk hari ini, Selasa (19/5/2020), pembagian bansos yang bersumber dari Dana Desa tersebut dilakukan di Desa Jangkong, Kecamatan Batang-Batang.

“Hari ini BLT-DD di Desa Jungkong dananya sudah cair, dan sudah dibagikan, disalurkan kepada masyarakat penerima manfaat, total sudah dua Desa di Kecamatan Batang-Batang yang sudah melakukan penyaluran BLT-DD kepada masyaramat terdampak COVID-19” ujar Camat Batang-batang, Joko Suwarno, Selasa (19/5/2020)

Joko Suwarno berharap Bantuan itu dapat meringankan kebutuhan masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Ia pun meminta para penerima bantuan untuk menggunakan uangnya dengan bijak, misalnya dibelanjakan untuk kebutuhan primer.

“Semoga bisa meringankan, dan saya meminta masyarakat yang menerima untuk membelanjakan yang menjadi kebutuhan pokok, jangan sampai dibelanjakan yang lain,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Desa Jangkong Kinandar Arif Santoso, menambahkan, jumlah penerima manfaat BLT-DD sebanyak 48 KK (Kepala Keluarga) dari empat dusun yaitu Dusun galis, Dusun Pardikan, Dusun Porajan dan Dusun Rungbirung.

“Penerimanya berjumlah 48 KK untuk di desa saya, itu sudah disepakti lewat musdes, setelah sebelumnya dilakukan pendataan dari tingkat paling bawah,” ucapnya.

Arif mengakui sangat kesulitan dalam melakukan pendataan penerima bantuan, dikarenakan harus memverifikasi untuk menghindari tumpang tindih data penerima. Karena, kata dia, penerima BLT-DD merupakan penerima di luar program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos.

“Syukur alhamdulillah sudah cair dan kami salurkan hari ini kepada masyarakat penerima manfaat setelah melakukan proses panjang terkait data, dan bantuan ini kan sangat dibutuhkam oleh Masyarakat di tengah pandemi COVID-19 ini,” tutupnya.


Editor: Hafid