oleh

Pasien Positif COVID-19 di Jombang Bertambah 3 Orang, Total 18 Kasus

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Kasus positif corona atau COVID-19 di Kabupaten Jombang terus meningkat. Berdasarkan data per Selasa (12/5/2020), ada tambahan tiga orang warga yang dinyatakan positif terkonfirmasi virus corona. Dua pasien berasal dari Kecamatan Jombang dan satu orang dari Kecamatan Ngusikan.

“Ya betul (ada penambahan), dari sebelumnya berjumlah 15 orang sekarang menjadi 18 orang positif,” ujar Budi Winarno, Juru bicara gugus percepatan penanganan COVID-19 Kabupaten Jombang kepada Jurnaljatim.com, Rabu (13/5/2020).

Budi menjelaskan, pasien ke 16 seorang perempuan usia 48 tahun, alamatnya wilayah kecamatan Jombang. Yang bersangkutan pekerjaan wiraswasta dan saat ini sedang menjalani isolasi dan perawatan di RSUD Jombang. “Sebelumnya statusnya PDP (Paisen Dalam Pengawasan),” ujar Budi Winarno.

Untuk pasien ke 17, perempuan berusia 47 tahun yang beralamat di wilayah Kecamatan Ngusikan. Pasien itu merupakan klaster Sampoerno. Berikutnya pasien positif terjangkit Corona adalah laki-laki berusia 64 tahun. Pasien ke 18 tersebut seorang staf yayasan pendidikan beralamat di wilayah Jombang.

“Pasien ke 17 dan 18 OTG status sebelumnya OTG (Orang Tanpa Gejala). Keduanya positif dari hasil test swab. Saat ini diisolasi di RSUD Ploso,” jelas Kepala Dinas Kominfo Pemkab Jombang tersebut.

Sesuai data Dinas Kesehatan setempat, jumlah kumulatif warga yang berstatus ODP (Orang Dalam Pemantauan) sebanyak 616 orang dengan selesai pemantauan berjumlah 588, kemudian PDP (Pasien Dalam Pengawasan) 17 orang dengan sebanyak 8 orang selesai pemantauan. Untuk kasus terkonfirmasi positif 18 orang dengan dua orang selesai pemantauan atau dinyatakan sembuh.

Sementara itu, berdasarkan data peta sebaran kasus corona di Kabupaten Jombang, yakni 4 orang pasien dari Kecamatan Jombang; 4 orang dari Kecamatan Diwek; 1 orang dari Peterongan; 3 orang dari Sumobito; 2 orang dari Tembelang; 2 orang dari Ploso, 1 orang dari Bandarkedungmulyo, serta 1 orang dari Kecamatan Ngusikan.


Editor: Hafid