oleh

Polisi Patroli Lebaran Untuk Persempit Ruang Gerak Pelaku Kejahatan

JOMBANG (Jurnal Jatim) – Mengantisipasi kejahatan saat lebaran hari raya idulfitri 1441 H, para personel Polres Jombang terus berpatroli di wilayah hukumnya, Senin (25/5/2020). Sasarannya, curas, curat, dan curanmor (C3), serta kejahatan di jalanan.

Perwira pengawas Polres Jombang AKP Mochamad Mukid menyampaikan, kegiatan patroli tersebut dilakukan oleh pihaknya di beberapa titik yang dianggap rawan. Di antaranya objek vital, minimarket, perumahan penduduk, Lapas, Stasiun dan tempat lainnya. Tujuannya, untuk mencegah segala bentuk kejahatan pasca lebaran idulfitri 1441 hijriyah.

“Kita sampaikan imbauan kepada masyarakat agar selalu waspada dan jaga diri masing-masing demi keselamatan terhadap segala ancaman kejahatan yang ada saat lebaran,” tutur Mukid disela memimpin giat patroli.

Setidaknya, kata Mukid, dengan adanya patroli, dapat mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan di tengah suasana lebaran idulfitri. “Ini bagian dari upaya pencegahan,” ujarnya kepada Jurnaljatim.com.

Dalam patroli itu, polisi juga melaksanakan dialogis dengan menyapa masyarakat dan memberikan imbauan pencegahan virus corona (COVID-19). Yakni, tidak berkerumun, menjaga jarak (physical distancing), selalu memakai masker serta menerapkan pola hidup bersih.

“Kami juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar selalu menggunakan masker dan jaga jarak (physical distancing) pada saat transaksi jual beli. Itu untuk mencegah penularan virus corona,” imbuhnya.

Kasatresnarkoba itu berharap, warga masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah dan melaksanakan maklumat Kapolri tentang pencegahan COVID-19. Dengan begitu, penyebaran COVID-19 di Kabupaten Jombang dapat diminimalisir.

“Kami mengucapkan selamat hari raya idulfitri 1441 hijriah, mohon maaf lahir dan batin. Semoga virus corona ini segera berlalu dan aktifitas kembali normal,” pungkas Mukid.

Apel Personel Polres Jombang
Personel Polres Jombang apel giat patroli kejahatan/Istimewa

Editor: Hafid