oleh

Satu Meninggal, Positif COVID-19 di Jombang Bertambah Dua Orang

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Satu orang pasien positif COVID-19 di Kabupaten Jombang meninggal dunia. Kabar meninggalnya satu pasien asal kota santri tersebut diterima Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Jombang Kamis (14/5/2020) sekitar jam 10.00 Wib.

“Meninggal pukul berapa saya kurang jelas, info tersebut disampaikan provinsi pada pukul 10.00 wib,” ujar Budi Winarno, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Jombang dikonfirmasi Jurnaljatim.com, Kamis sore.

Budi Winarno Jombang
Jubir Gugus Tugas COVID-19 Jombang, Budi Winarno. (Dok)
Warga Kecamatan Tembelang

Budi mengatakan, pasien yang meninggal merupakan warga Kecamatan Tembelang, Jombang. Ia meninggal dalam perawatan di Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari, Surabaya.

“Inisial K, perempuan, usia 51 tahun, alamat wilayah Kecamatan Tembelang, selama ini dirawat di RSI Jemursari Surabaya,” tutur Budi.

Informasi yang diperoleh, pasien dinyatakan positif terkonfirmasi COVID-19 oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jatim berdasarkan hasil test swab yang keluar Minggu (10/5/2020) lalu. Pasien positif ke 13 itu diduga terpapar virus corona di Surabaya, sebab aktivitas sehari-hari pasien sebagai pelayan toko di Kota Surabaya.

“Jenazah dimakamkan di tempat tinggalnya di Jombang,” imbuh Kepala Dinas Kominfo tersebut.

Ilustrasi COVID-19
Ilustrasi COVID-19/Shutterstock.com
Dua orang positif COVID-19

Sementara itu, berdasarkan update data di situs resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang pada Kamis sore (14/5/2020), ada tambahan dua orang positif terinfeksi virus corona. Dua pasien baru tersebut dari wilayah Kecamatan Gudo dan Kecamatan Kabuh. Mereka saat ini diisolasi dan dirawat di Surabaya.

Dengan tambahan itu, maka jumlah kasus positif COVID-19 di Kabupaten Jombang menjadi 20 orang. Budi Winarno mengaku masih meminta data pasien ke pihak Provinsi Jawa Timur.

“Untuk tambahan yang terkonfirmasi kita masih minta data dari provinsi karena keduanya dirawat di Surabaya,” tukas Budi.

Data COVID-19 Kabupaten Jombang
Data COVID-19 di Jombang pada Kamis 14 Mei 2020/Dinkes

Untuk diketahui, saat ini jumlah kumulatif warga Jombang yang berstatus ODP (Orang Dalam Pemantauan) bertambah menjadi 627 orang dengan selesai pemantauan berjumlah 600 orang dan 3 meninggal dunia.

Kemudian kategori PDP (Pasien Dalam Pengawasan) 18 orang dengan sebanyak 8 orang selesai pemantauan dan 5 orang meninggal. Untuk kasus terkonfirmasi positif 20 orang dengan dua orang selesai pemantauan atau dinyatakan sembuh dan 1 meninggal.

Berdasarkan peta sebaran kasus corona di Kabupaten Jombang, yakni 4 orang pasien dari Kecamatan Jombang; 4 orang dari Kecamatan Diwek; 1 orang dari Peterongan; 3 orang dari Sumobito; 2 orang dari Tembelang; 2 orang dari Ploso, 1 orang dari Bandarkedungmulyo, serta 1 orang dari Kecamatan Ngusikan, 1 dari Gudo dan 1 orang dari Kabuh.


Editor: Hafid