oleh

Tim Pemulasaran Jenazah COVID-19 Disiapkan di Kampung Tangguh Tuban

TUBAN (Jurnaljatim.com) – Sebagai upaya menghambat penyebaran virus corona (COVID-19), Polres Tuban membentuk Kampung Tangguh Semeru. Pembentukan Kampung Tangguh itu juga sekaligus menyambut penerapan new normal atau normal baru.

Di Kabupaten Tuban sudah terbentuk sebanyak 20 Kampung Tangguh Semeru. Salah satunya di Dusun Karangdowo, Desa Socorejo, Kecamatan Jenu. Diresmikan Bupati Tuban Fathul Huda bersama Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, Dandim 0811 Tuban, dan sejumlah pihak terkait lainnya, Kamis, (28/5/2020).

Di kampung tangguh semeru itu terdapat beberapa fasilitas, di antaranya kamar isolasi, tim pemulasaran jenazah yang siap membantu proses pemakaman pasien akibat COVID-19. Termasuk, ada konsultasi kesehatan, terdapat berbagai bahan pokok dan berbagai kelengkapan lainnya.

Kapolres Tuban Ruruh Wicaksono mengajak semua masyarakat siap menghadapi dan menyambut situasi tatanan baru atau new normal. Sehingga, keberadaan kampung tangguh semeru itu dapat membantu masyarakat untuk semakin disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Kita minta masyarakat untuk semakin disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” kata mantan Kapolres Madiun tersebut.

Dalam mendukung kegiatan itu, Kapolres Tuban memberikan bantuan berupa rompi kampung tangguh, Alat Pengaman Diri (APD) dan paket sembako yang berisi mi instan, telur serta minyak goreng.

“Semua masyarakat harus terlibat secara bersama-sama dalam pencegahan wabah virus corona. Kedepannya, diharapkan mampu menyelesaikan berbagai bentuk permasalahan sosial yang timbul,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tuban Fatkul Huda berharap keberadaan Kampung Tangguh Semeru ity bisa bermanfaat buat desa dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19.

“Saya sangat berharap ini tidak hanya seremonial, namun bisa berkelanjutan, bermanfaat dan diikuti desa-desa lainnya,” ujarnya.


Editor: Z. Arifin