oleh

Viral Foto Warga Kediri Tutup Jalan Dengan Keranda Dan Pocong

KEDIRI (Jurnal Jatim) – Jagat dunia maya diramaikan dengan foto sejumlah warga menutup jalan dengan memasang bambu dan keranda jenazah ditutup kain hijau. Selain itu, disamping keranda juga ada pocong.

Perisitiwa itu terjadi di jalan Melon dusun Tondomulyo, desa Gadungan, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri. Penutupan itu saat hari lebaran idulfitri 1441 hijriah pada Minggu (24/5/2020).

Ojo rono rene Dek omah aee, nek gak pingin numpak kene kereto jowo. (Jangan ke sana-sini, di rumah saja, kalau tidak ingin naik kereta jawa/keranda),” demikiam tertulis di samping keranda tersebut.

Jalan Melon Dusun Tondomulyo ditutup
Keranda Jenazah dan Pocong menutup jalan melon Dusun Tondomulyo Desa Gadungan, Kecamatan Puncu/Istimewa

Sementara, dalam video yang diunggah di youtube akun RAB official, seorang warga menyampaikan penutupan itu sebagai peringatan agar masyarakat dari luar daerah tidak masuk ke gang jalan melon untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

“Hal ini dilakukan oleh warga masyarakat jalan melon untuk menanggulangi penyebaran COVID-19. Jadi gang ini ditutup dengan ditutup keranda, ada pocong ini, agar masyarakat bisa saling memahami yang dari luar daerah tidam boleh masuk demikian pula yang ada didalam kampung ini untuk tidak keluar kemana-mana,” kata warga dalam rekaman video tersebut.

Tutup jalan desa Gadungan dengan pocong dan keranda jenazah
Penutupan jalan dengan pocong dam keranda jenazah/youtube

Untuk diketahui, jumlah kasus COVID-19 di Kabupaten Kediri cukup tinggi. Pada Minggu malam (24/5/2020) bertepatan dengan hari raya idulfitri 1441 H, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kediri merilis ada 81 kasus.

“Saat ini terdapat 81 kasus positif COVID-19 di Kabupaten Kediri,” kata dr Ahmad Chotib, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kediri.


Editor: Hafid