oleh

10 Warga Sumobito Positif COVID-19, Total di Jombang 62 Kasus

JOMBANG (Jurnaljatim.com) Kasus corona di Kabupaten Jombang terus meningkat. Data di dinas kesehatan Pemkab Jombang, ada tambahan 11 orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif virus corona (COVID-19). Dengan begitu, jumlah total keseluruhan saat ini mencapai 62 kasus.

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kabupaten Jombang, Budi Winarno mengatakan data perkembangan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 pada Senin (1/6/2020) secara komulatif jumlah pasien terkonfirmasi sebanyak 62 orang dari yang sebelumnya sebanyak 51 orang.

“Artinya, untuk hari ini ada penambahan 11 pasien terkonfirmasi,” ujar Budi Winarno dihubungi Jurnal Jatim.

Budi menjelaskan, sebelas pasien baru yang terinfeksi virus corona tersebut dengan rincian 10 orang dari kecamatan Sumobito dan 1 orang dari kecamatan Ngoro. Mereka semua menjalani isolasi dan perawatan di RSUD Ploso, Jombang.

“Tambahan pasien baru 10 orang dari Kecamatan Sumobito dan 1 orang dari Kecamatan Ngoro. Hasil swab mereka positif terkonfirmasi,” kata Budi.

Ilustrasi positif COVID-19/Jurnal Jatim.

“Kami imbau masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19,” sambung Kepala Dinas Kominfo Pemkab Jombang tersebut.Budi menambahkan, untuk data perkembangan Orang Dengan Resiko (ODR) di Kabupaten Jombang sebanyak 13.149 orang. Jumlah itu ada penambahan sebanyak 40 orang dari jumlah yang sebelumnya sebanyak 13.109 orang.

Sementara, data perkembangan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 652 orang. Dari jumlah itu 630 orang dengan kondisi sehat dan 3 orang meninggal, serta 19 orang masih dalam tahap pemantauan. Dari jumlah ODP sampai dengan hari ini ada penambahan 3 orang ODP dari yang sebelumnya 649 orang.

Lalu, data perkembangan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) secara komulatif sebanyak 37 orang, dari 37 orang tersebut 3 orang telah selesai pemantauan 14 hari dan 7 orang isolasi mandiri, 11 orang meninggal dunia, 16 orang masih menjalani MRS di RSUD.

“Dari jumlah komulatif tersebut yang sebelumnya (31 Mei 2020) sebanyak 34 orang, artinya ada penambahan 3 pasien PDP,” jelas Budi.

Sedangkan untuk status dari 62 orang komulatif terkonfirmasi positif COVID-19, dengan rincian 17 orang isolasi mandiri; 37 orang MRS di Rumah Sakit di antaranya 16 RSUD Jombang, 2 orang di RS royal Surabaya dan RS Husada Utama, 17 orang RSUD Ploso serta 2 orang RSK Mojowarno lalu 6 orang dinyatakan telah sembuh yakni 3 orang dari Kecamatan Diwek dan lainnya masing-masing dari Jombang, Sumobito dan Bandarkedungmulyo.

“2 orang terkonfirmasi meninggal yakni dari Kecamatan Tembelang dan Kecamatab Peterongan,” tutup Budi Winarno.


Editor: Hafid