oleh

Melonjak, Corona di Jombang Bertambah 12 Orang, Total 126 Pasien

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Kasus corona di Kabupaten Jombang terus melonjak. Hari ini, Jumat (12/6/2020) Dinas kesehatan (Dinkes) Pemkab Jombang mencatat ada penambahan 12 orang terkonfirmasi positif COVID-19. Dengan tambahan itu, total jumlah 126 kasus.

Berdasarkan peta sebaran, Ke dua belas pasien tambahan itu ada di delapan kecamatan Kabupaten setempat. Yakni 3 orang di Kecamatan Peterongan; 1 orang Sumobito dan 2 orang Jombang kota, 2 orang Jogoroto, 1 di Kesamben, 1 orang di Diwek, 1 orang di Tembelang dan 1 orang di Ngusikan.

“Update perkembangan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 hari ini, secara komulatif pasien terkonfirmasi sebanyak 126 orang dari yang sebelumnya sebanyak 114 orang, artinya ada penambahan 12 pasien terkonfirmasi,” kata Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Jombang, Budi Winarno dikonfirmasi.

Status dari 126 kasus itu, rinciannya 6 orang menjalani isolasi mandiri dan 94 orang perawatan di Rumah Sakit, di antaranya 61 orang dirawat di RSUD Jombang, 22 orang di RSUD Ploso, 8 orang di RSK Mojowarno, dan 3 orang di RS lainnya.

“Yang dirawat 100 orang, dan dinyatakan sembuh ada 15 orang setara 11,9 persen, serta 11 orang terkonfirmasi meninggal atau setara 8,7 persen,” jelas kepala Dinas Kominfo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang tersebut.

Budi menambahkan, untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Jombang sebanyak 677 orang, 649 orang dengan kondisi sehat dan 3 orang meninggal, serta 28 orang masih dalam tahap pemantauan.

Kemudian, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) secara komulatif sebanyak 52 orang, dari 58 orang tersebut 7 orang telah selesai pemantauan 14 hari dan 5 orang isolasi mandiri, 10 orang meninggal dunia, 27 orang masih menjalani perawatan di RSUD.

Melonjaknya kasus positif COVID-19 di Kabupaten Jombang, Budi mengimbau masyarakat mematuhi aturan pemerintah tentang pencegahan COVID-19. Yakni, memakai masker, cuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan memakai hand sanitizer, hindari kerumunan massa, jaga jarak serta kurangi kegiatan di luar rumah.

“Semoga saja virus corona segera hilang dan kita doakan warga yang sakit karena virus corona segera sembuh,” pungkasnya.


Editor: Hafid