oleh

Pemkot Madiun Matangkan Sunday Market Tatanan Normal Baru

MADIUN (Jurnaljatim.com) – Persiapan pembukaan Sunday Market di Taman Lalu Lintas Taman Bantaran Kali Madiun terus dimatangkan. Setelah pembersihan lokasi kemarin, Walikota Madiun Maidi bersama Forpimda dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menggelar rapat koordinasi di lokasi, Jumat (5/6/2020). Rakor sengaja di lokasi agar semakin efektif.

Berbagai kebijakan mengemuka dalam rapat tersebut. Di antaranya, pemberlakukan satu akses masuk dan keluar secara terpisah, penataan parkir, penyemprotan cairan disinfektan sebelum dan sesudah kegiatan, penyediaan masker pada akses masuk, pemeriksaan suhu tubuh.

Selain itu juga penyiapan ambulans, penggunaan tenda dan pengaturan jarak lapak padagang, dan lain sebagainya. Maidi berharap kegiatan ekonomi di kota pendekar tersebut dapat kembali berjalan dengan protokol tetap kesehatan COVID-19.

‘’Semua kita persiapan sejak beberapa hari kemarin. Prinsipnya, jangan sampai ada protokol kesehatan yang terlewat,’’ ujarnya.

Lokasi Sunday Market Kota Madiun/Diskominfo Kota Madiun

Maidi menyebut pedagang dan pembeli wajib mematuhi aturan main. Mereka yang tidak mengindahkan akan ditindak. Harus meninggalkan lokasi. Maidin menambahkan pihaknya akan memperbanyak petugas di area. Mulai yang berjaga di akses masuk dan keluar hingga petugas yang berkeliling di lokasi. Sejumlah petugas juga akan mengenakan kostum unik untuk memberikan himbauan dan sosialisasi agar menarik perhatian pengunjung.

‘’Parkir juga akan kita tata agar berjarak. Jadi tidak berjubel untuk meminimalkan kontak fisik,’’ jelas mantan Sekda Kota Madiun tersebut.

Seperti diberitakan, konsep new normal yang digagas pemerintah pusat diminta mulai untuk dipersiapkan pemerintah daerah. Pemerintah daerah wajib berinovasi dalam penerapan tatanan kehidupan baru dengan protokol tetap kesehatan COVID-19.

Pemerintah Kota Madiun mencoba menghidupkan kembali gelaran Sunday Market yang sudah tiga bulan vakum. Namun, dengan tata cara baru. Walikota berharap dukungan semua pihak agar kegiatan berjalan lancar.

‘’Mari kita jaga kota kita ini tetap kondusif, ekonomi lancar, tetapi kesehatan tetap terjaga,’’ pungkasnya.

Sunday Market merupakan kegiatan rutin gagasan Pemkot Madiun sejak bulan Agustu 2019 lalu. Ratusan pedagang yang berjualan di Sunday Market awalnya berdagang di arena care free day (CFD) di Jalan Pahlawan Kota Madiun.

Pemerintah setempat kemudian bernisiatif menyediakan lahan yang luas untuk para pedagang yakni di Taman Lalu Lintas di bantaran bengawan Madiun, Kelurahan Mangongangan, Kecamatan Manguharjo. Nama yang awalnya CFD diganti Sunday Market. Setiap Minggu selalu ramai dikunjungi orang untuk berwisata kuliner maupun memberi barang dijajakan di lokasi tersebut.


Editor: Hafid