oleh

Polda Jatim Bagi Ribuan APD di Pasar Tradisional Surabaya

SURABAYA (Jurnaljatim.com) – Polda Jawa timur (Jatim) membagikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker, Handsanitizer dan face shield kepada sejumlah pedagang dan pengunjung di pasar-pasar Tradisional seperti Pasar Kapas Krampung di Jalan Tambak Rejo, Surabaya, Senin, (22/6/2020).

Ada delapan titik lokasi pemberian bantuan APD, meliputi Pasar Pucang, Pasar Grosir Surabaya (PGS), Pasar Genteng, Pasar Wonokromo, Pasar Kapasan, Pasar Sayur dan Pasar Ikan Pabean serta Pasar Kapas Krampung Surabaya.

Kabid Labfor Polda Jatim, Kombes Pol Haris Aksara mengatakan kegiatan Baksos pemberian APD tersebut merupakan bentuk peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 74 tahun 2020 oleh Polda Jatim. Karena dunia sedang menghadapi pandemi corona, termasuk Indonesia. Maka pihaknya berinisiatif membagi-bagi masker, handsanitizer dan face shield kepada masyarakat.

“Karena masker ini kadang-kadang masyarakat ketika beraktivitas, mungkin tidak pakai masker. Juga di pasar demikian, kita bagikan hand sanitizer, face shield dibagi secara cuma-cuma (gratis) dalam rangka HUT Bhayangkara ke 74,” ujar Haris.

Selain memberi bantuan, pada kesempatan itu pihaknya juga memberi imbauan kepada masyarakat supaya membiasakan diri menerapkan protokol kesehatan dengan selalu mengenakan masker, jaga jarak serta mencuci tangan demi kesehatan bersama dalam menyongsong era normal baru atau new normal.

“Kita selalu mengedukasi kepada masyarakat, tertiblah bermasker disetiap kegiatan. Kemudian jaga jarak, kemudian cuci tangan. Diharapkan dengan kegiatan ini bisa memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” lanjutnya.

Haris merinci, masker yang dibagikan kepada masyarakat di Surabaya pada kegiatan kali ini sebanyak 5.000 lembar. Sedangkan di seluruh Jawa Timur berjumlah 200 ribu lembar.
“Kegiatan ini sudah berulangkali, kalau di seluruh Jawa Timur ada 200 ribuan masker. Handsanitizernya juga,” tutupnya.

Dikesempatan yang sama dari Perwakilan PD Pasar Surya Kapas Krampung yang diwakili oleh Direktur Teknik dan Usaha, Muhidin menyatakan, pihaknya berterima kasih kepada pihak Polri yang telah memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada pedagang maupun pengunjung di pasar Kapas Krampung Kecamatan Tambaksari, Surabaya.

“Pembagian APD baik kepada pedagang maupun pengunjung di pasar sangat bermanfaat, karena, vaksin pencegahan COVID-19 untuk saat ini adalah dengan rajin melakukan cuci tangan dan selalu menggunakan masker jika keluar rumah,” ujarnya.

Muhidin juga menambahkan jika nantinya APD itu akan dibagikan kesemua pedagang maupun pengunjung yang belum menggunakan masker.


Editor: Hafid