oleh

Polres Jombang Sebar Seribu Masker di Titik Rawan COVID-19

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Aparat kepolisian terus mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah sesuai anjuran pemerintah dan WHO. Guna mencegah virus Corona, polisi di Jombang menyebar masker kepada warga.

Pembagian masker tersebut dilakukan jajaran Polres Jombang yang dipimpin langsung Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho di sekitar Pasar Peterongan, Jombang, Senin sore (29/6/2020). Dipilihnya Pasar Peterongan lantaran kasusnya cukup tinggi dan sudah menjadi salah satu klaster penularan virus corona.

Polres Jombang Sebar Seribu Masker di Titik Rawan COVID-19
Kasatresnarkoba AKP Moch Mukid saat memasangkan masker ke pengendara motor/Zainul Arifin

Pantauan Jurnaljatim.com, polisi membagikan masker kepada pengendara motor dan warga yang tidak mengenakan masker. Mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia diberi masker gratis oleh petugas.

“Dipakai ya bu maskernya. Ini gratis dalam rangka hari Bhayangkara ke 74, semoga bermanfaat dan barokah,” kata AKP Mukid Kasatresnarkoba Polres Jombang saat memberi masker ke salah satu pengendara perempuan di jalan raya Pasar Peterongan.

Kapolres Jombang, AKBP Agung Setyo Nugroho menyampaikan, selain dalam dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke 74, kegiatan sosial sekaligus mengedukasi masyarakat agar disiplin mengenakan masker saat melakukan kegiatan-kegiatan di luar rumah.

“Sangat banyak sekali (tidak pakai masker), tapi sebagai aparat, kita tetap memberikan imbauan-imbauan kepada masyarakat supaya menggunakan masker dan kita berikan cobtoh pada masyarakat yang ada di sini,” terangnya.

Polres Jombang Sebar Seribu Masker di Titik Rawan COVID-19
Warga berterimakasih kepada Kapolres Jombang usai mendapat masker gratis/Zainul Arifin

Pasar Peterongan merupakan salah titik rawan COVID-19 di Kabupaten Jombang. Maka dari itu, lanjut Agung, sejumlah kegiatan pencegahan penyebaran virus corona termasuk pembagian masker dilakukan di lokasi tersebut. Berikutnya, akan bergilir di wilayah lain, di antaranya di Kecamatan Sumobito.

“Sasarannya masyarakat-masyarakat yang melakukan kegiatan perekonomian di sekitar pasar ini agar supaya mereka lebih disiplin menggunakan masker,” tuturnya.

Mantan Kasubbagren Bagrenmin SSDM Polri itu menyampaikan, total ada 1000 masker yang dibagikan kepada masyarakat. Kegiatan pembagian masker sebagai bentuk kepedulian Polri kepada masyarakat dan akan dilakukan secara berkala dengan tempat yang berbeda.

“Ini salah satu kepedulian Polri terhadap masyarakat Jombang. Hari ini ada sekitar seribu masker yang dibagikan kepada masyarakat, besok mungkin kegiatan di wilayah Sumobito,” imbuhnya.

Polres Jombang Sebar Seribu Masker di Titik Rawan COVID-19
Kapolres Jombang pasangkan masker ke Pengendara motor/Zainul Arifin

Meski Maklumat Kapolri telah dicabut, Kapolres menegaskan akan tetap melakukan patroli imbauan pencegahan COVID-19. Sebab, Kabupaten Jombang saat ini masuk masum zona merah. Berdasarkan data di Dinkes Jombang, jumlah terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 255 kasus.

“Di sini masih (zona) merah, jadi saya tetap akan melaksanakan patroli imbauan-imbauan, di antaranya untuk tidak berkumpul, supaya berdiam diri di rumah, kalau memang kegiatan diluar harus tetap menggunakan sesuai protokol kesehatan,” pungkas alumnus akademi polisi (Akpol) tahun 2002 tersebut.


Editor: Hafid