oleh

Tujuh Orang Gangguan Jiwa Terkonfirmasi Positif COVID-19

SURABAYA (Jurnaljatim.com) – Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) juga tidak bisa lepas dari ancaman virus corona atau COVID-19. Saat ini telah ada tujuh ODGJ yang tengah dirawat lantaran terkonfirmasi positif COVID-19.

“Saat ini kami merawat 7 pasien gangguan jiwa konfirmasi positif. Mungkin beberapa minggu lalu baru satu. Saat ini 7 jiwa,” ujar Direktur Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur Surabaya, dr M Hafidin Ilham, Kamis (4/6/2020).

Ia menjelaskan, di rumah sakit milik Pemerintah Provinsi itu memang telah lama diminta untuk menyediakan tempat tidur bagi pasien COVID-19. Dari 112 tempat tidur yang disediakan, 17 di antaranya dikhususkan untuk ODGJ.

“Saat ini RS Jiwa Menur menyediakan tempat tidur untuk pasien COVID-19 sebanyak 112. Di antaranya 17 tempat tidur kami siapkan untuk pasien jiwa yang dicurigai COVID-19,” terangnya.

Dari 17 tempat tidur tersebut, sejak minggu lalu sempat terisi 12 pasien ODGJ yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Belasan ODGJ PDP tersebut kemudian menjalani tes swab PCR.

“Ternyata tes dua kali, yang lima negatif COVID-19 sehingga dipulangkan,” imbuhnya.

Namun, tujuh dari 12 orang tersebut terkonfirmasi positif COVID-19. Hingga saat ini pun mereka masih dirawat di RSJ Menur sebagai rumah sakit jiwa bagi ODGJ sekaligus rumah sakit rujukan untuk COVID-19. (*)


Editor: Z. Arifin