oleh

Alhamdulilah, Pasien Sembuh Dari Corona di Jombang 63,4 persen

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Persentase kesembuhan kasus positif corona di Kabupaten Jombang meningkat signifikan. Berdasarkan data kasus corona di dinas kesehatan Pemkab Jombang pada Sabtu (25/7/2020) petang, terdapat 34 kasus positif dinyatakan sembuh.

“Meskipun, ada 8 tambahan kasus positif baru, tapi dengan adanya 34 kasus positif sembuh, persentase kesembuhan meningkat signifikan,” kata Budi Winarno, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dikonfirmasi Sabtu (25/7/2020)

Ia mengungkapkan, konfirmasi positif 497 kasus dengan rincian 315 orang dinyatakan telah sembuh atau persentase 63,4 persen, 143 orang dirawat atau persentase 28,8 persen dan 39 orang meninggal dengan persentase 7,8 persen.

“Setelah ada tambahan 34 pasien sembuh, dengan demikian jumlah kasus positif sembuh seluruhnya menjadi 315 atau 63,4 persen dari jumlah kasus positif corona 497 kasus,” ujar Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jombang tersebut.

Miliki Alat Tes PCR

Menurut Budi, meningkatnya persentase kesembuhan pasien positif corona itu menunjukkan kesungguhan penanganan kasus positif COVID-19 di Jombang. Tidak hanya itu, di RSUD Jombang sudah ada alat PCR atau polymerase chain reaction.

Alat itu digunakan melakukan pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit COVID-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus corona.

“Faktor meningkat kesembuhan di antaranya karena di RSUD sudah ada alat PCR sehingga tidak perlu nunggu hasil laboratorium dari provinsi,” imbuhnya.


Editor: Azriel