oleh

Begini Upaya Perusahaan Tangguh di Jombang Menghadang COVID-19

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – PT Cheil Jedang Indonesia (CJI) dikukuhkan menjadi salah satu perusahaan industri tangguh dalam menghadapi COVID-19. Perusahaan di wilayah Kecamatan Ploso, Jombang itu benar-benar ketat dalam menerapkan protokol kesehatan, guna menghadang penyebaran COVID-19.

Mulyono, Manager PT Cheil Jedang Indonesia (CJI) menyampaikan, penerapan protokol kesehatan di perusahaan sudah dilakukan sejak akhir tahun lalu. Di antaranya melakukan pengukuran suhu tubuh setiap pekerja yang masuk area pabrik, adanya bilik disinfektan, mencuci tangan, wajib menjaga jarak dan menghindari keramaian, pola hidup sehat dan asupan makanan bergizi bagi karyawannya.

“Sejak bulan Desember 2019, kita pada dasarnya sudah melakukan protokol kesehatan,” kata Mulyono usai peresmian perusahaan tangguh semeru oleh Forkopimda setempat di PT CJI, Selasa (14/7/2020).

Di pabrik tersebut, kata Mulyono, PT CJI memberikan fasilitas kesehatan untuk semua karyawan, mulai dari klinik yang sesuai standar dengan dokter, paramedis dan alat kesehatan. Untuk semua karyawan, diharuskan untuk melakukan rapid test.

“Aturannya lebih ketat dari yang ditetapkan oleh pemerintah,” jelas dia.

Begini Upaya Perusahaan Tangguh di Jombang Menghadang COVID-19
Peresmian Perusahaan Tangguh PT CJI Jombang/Zainul Arifin

Rapid test semua karyawan

Sebagai langkah keseriusan untuk menghalau penularan COVID-19 di perusahaan PMA asal Korea Selatan tersebut, PT CJI di Ploso akan melakukan rapid test tehadap karyawan yang sebelumnya libur lalu masuk kerja.

“Jika ada karyawan libur 3 hari, ketika kembali masuk akan melaksanakan rapid test dahulu yang telah difasilitasi oleh perusahaan, sedangkan jika lebih dari 5 hari harus melaksanakan PCR yang juga telah di fasilitasi perusahaan,” tuturnya.

Ketika ada yang dinyatakan reaktif dari rapid test, kata dia, maka harus diisolasi. Selama masa isolasi, pihak perusahaan akan mencukupi kebutuhan hidupnya untuk seluruh keluarganya sehingga dipastikan tidak akan kemana-mana karena kebutuhannya sudah tercukupi.

“Kalau ada siapa saja yang dinyatakan reaktif dari rapid test harus isolasi, selama isolasi kita kirim kebutuhan hidupnya, sembako dan apa saja. Jadi orang itu kita jamin tidak akan kemana mana, jadi kebutuhan hidup sudah kita cukupi, bukan hanya kepada karyawan, tapi seluruh keluarganya kita cukupi,” tandasnya.

Begini Upaya Perusahaan Tangguh di Jombang Menghadang COVID-19
Forkopimda Tinjau Perusahaan Tangguh PT CJI Jombang/Zainul Arifin
Bupati apresiasi Cheil Jedang

Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengungkapkan, penerapan perusahaan tangguh semeru di perusahaan makanan tersebut bisa dicontoh perusahaan-perusahaan lain yang ada di Kabupaten setempat. Sehingga semua lini ikut turut serta berperan dalam penanggulangan penyebaran virus Covid-19.

“Pemerintah Kabupaten Jombang mengapresiasi kepada PT Cheil Jedang Indonesia yang telah menerapkan protokol kesehatan dengan sepenuhnya. Kita harap ini bisa dicontoh oleh perusahaan lain yang ada di wilayah Kabupaten Jombang sehingga semua lini ikut serta berperan dalam penanggulangan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Jombang,” kata Mundjidah.

Semakin banyak perusahaan yang menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kerjanya masing-masing, maka akan mempersempit ruang gerak penyebaran COVID-19. Maka, Mundjidah mengharapkan perusahaan-perusahaan yang ada bisa menjadi perusahaan yang tangguh dalam melawan COVID-19.

Dalam peresmian perusahaan industri tangguh semeru tersebut, Mundjidah bersama Forkopimda meninjau sekaligus mengecek penerapan protokol kesehatan di perusahaan. Selain itu, juga melihat fasilitas yang disediakan, di antaranya ruang isolasi, alat rapid test, pengecekan suhu tubuh, dan lorong bilik disinfektan.


Editor: Hafid