oleh

Hari Ini, Dua Ribu Santri Tiba di Ponpes Lirboyo Kediri

KEDIRI (Jurnaljatim.com) – Ribuan santriwan dan santriwati dari luar dari berbagai daerah terus berdatangan kembali ke pondok pesantren (Ponpes) Lirboyo Kediri. Dalam gelombang kedua itu, Minggu (5/7/2020) setidaknya ada 2.000 santri yang datang.

Kedatangan santri itu dilakukan secara bertahap, dan kali ini merupakan gelombang kedua setelah gelombang pertama kedatangan santri dari luar daerah pada 20 Juni lalu. Pada Sabtu (4/7/2020) kemarin, santriwan dan santriwati yang datang mencapai 2.500 orang. Sehingga total santri yang tiba di Ponpes Lirboyo Kediri ada kurang lebih 4.500 santri.

“Sampai dengan hari ini, Minggu 5 Juli 2020 jam 15.00 WIB, kedatangan santriwan dan santriwati di pondok Lirboyo berjumlah kurang lebih 2000 orang,” kata Kabid Trantibum Satpol PP Kota Kediri, Nur Khamid dikonfirmasi Jurnaljatim.com.

Ia mengungkapkan, kalau sebelumnya para santri dan santriwati Ponpes Lirboyo sudah mulai berdatangan memasuki pondok mulai pukul 07.30 WIB, dan selesai sampai pukul 15.00 WIB. Para santri itu datang dengan menggunakan kendaraan pribadi dan bus pariwisata

“Hari ini, Santriawan dan Santriwati lama dan baru berasal dari Jawa Tengah (Jateng) kecuali Solo Raya,” tuutrnya.

Sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19, kata Nur Khamid, selama kedatangan para santri, personel gabungan serta pengurus Ponpes Lirboyo menerapkan protokol kesehatan. Hal itu sesuai Surat Edaran (SE) Wali Kota Kediri Nomor 420/1780/101.1/2020 di Wilayah Kota Kediri.

“Selain dari Satpol PP Kota Kediri, Kodim 0809/Kediri, dan Polresta Kediri, untuk pengaman turut serta personel dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kediri, Keamanan Santri Ponpes Lirboyo Kediri, Banser, Dokpol maupun Medis Polresta Kediri, serta BPBD Kota Kediri,” tuturnya.


Editor: Hafid