oleh

Jumlah Penumpang Naik, KAI Beri Potongan Tarif Hingga 25 Persen

MADIUN (Jurnaljatim.com) – Antusiasme penumpang kereta api di wilayah Daop 7 Madiun untuk menggunakan KA jarak jauh semakin hari semakin meningkat. Catatan di Daop 7 periode 20 sampai 26 Juli 2020, jumlah penumpang 2002 orang dibanding periode sebelumnya 1805 penumpang.

“Artinya, mengalami kenaikan 11 persen dari periode sebelumnya,” tutur Ixfan Hendriwintoko, Manager Humas KAI Daop 7 Madiun kepada Jurnaljatim.com, Selasa (28/7/2020).

Sebagai bentuk apresiasi atas semakin meningkatnya jumlah pelanggan kereta api di masa adaptasi kebiasaan baru, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukan promo Big Sale berupa potongan tarif hingga 25 persen dari tarif biasanya untuk perjalanan KA jarak jauh.

Ixfan mengungkapkan, KA yang mendapatkan potongan tarif hingga 25 yaitu, Kertajaya relasi Pasar Senen – Surabaya Pasarturi, Sembrani relasi Gambir – Surabaya Pasarturi, Argo Lawu relasi Gambir – Solo Balapan dan Argo Dwipangga relasi Gambir – Solo Balapan. Sedangkan KA yang lewat Daop 7 Madiun yaitu KA Turangga relasi Gambir – Bandung – Madiun – Surabaya Gubeng dan KA Bima relasi Gambir – Madiun – Malang.

“Potongan yang diberikan cukup menarik. Contohnya KA Bima sebelumnya Rp650.000 menjadi Rp500.000 dan KA Turangga dari Rp630.000 menjadi Rp500.000,” kata Ixfan.

“Potongan tarif ini bentuk apresiasi kepada pelanggan KAI dalam menyambut libur panjang hari raya Iduladha 1441 H,” sambungnya.

Promo Big Sale itu terbatas dan berlaku untuk perjalanan KA tanggal 30 Juli sampai dengan 2 Agustus 2020. Calon penumpang KA dapat memesan melalui aplikasi KAI online dan seluruh mitra resmi penjualan tiket kereta api.

Ixfan menambahkan, PT KAI tetap menerapkan protokol kesehatan ketat dalam perjalanan yakni surat keterangan bebas COVID-19; wajib memakai masker; suhu tidak melebihi 37,3 derajat; dalam kondisi sehat di antaranya tidak demam, batuk, flu, dan sesak nafas; serta mengimbau pelanggan untuk memakai pakaian lengan panjang.

“Untuk menjaga kemanan dan kenyamanan penumpang saat bepergian di masa adaptasi kebiasaan baru ini, KAI juga bagikan face shield secara gratis kepada para pelanggan. Sedangkan untuk pelanggan di bawah usia 3 tahun atau infant agar membawa pelindung wajah sendiri,” pungkasnya.


Editor: Azriel