oleh

Pandemi Corona, Jumlah Hewan Kurban di Ad-Durunnafis Menurun

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Yayasan Ad-Durunnafis Kabupaten Jombang menyembelih 124 ekor kambing dab 3 ekor sapi di hari raya iduladha 1441 hijriyah tahun 2020 masehi. Jumlah hewan kurban yang disembelih tersebut menurun dari tahun sebelumnya.

Ketua Yayasan Ad-Durunnafis, Kholis Nurhuda mengatakan penyembelihan hewan kurban di masa pandemi COVID-19 menurun hampir 50 persen di banding tahun sebelumnya. Tahun lalu, kata dia, pihaknya menyembelih 250 ekor kambing dan sekarang 122 ekor kambing.

“Penyembelihan hewan kurban tetep menggunakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran corona,” katanya.

Ia mengatakan, penyembelihan dilakukan di halaman belakang yayasan. Setelah disembelih, daging lalu dibagikan kepada warga sekitar dengan kriteria tertentu. Di antaranya tukang becak, anak yatim-piatu dan kaum duafa.

“Untuk menjaga keamanan dan pembagian daging, panita membagi kupon,” terang Kholis.

Ia berharap, yayasan yang berdiri sejak tahun 1998 lalu itu selalu mendapat kepercayaan yang lebih dari semua elemen masyarakat, untuk menangani kesejahteraan sosial anak dan duafa baik sadaqah.

“Pelaksanaan penyembelihan kurban berjalan dengan tertib. Meskipun dengan penerima yang jumlahnya ratusan, acara tetap berjalan dengan lancar dan tetep menggunakan protokol kesehatan,” tandasnya.


Editor: Hafid