oleh

Pandemi COVID-19, Pedangdut Eny Sagita Fokus di YouTube

NGANJUK (Jurnaljatim.com) – Hampir seluruh aktivitas para publik figur dan penyanyi ditunda lantaran adanya pembatasan dan larangan berkerumun akibat pandemi COVID-19. Mereka berdiam diri di rumah dan menerapkan jaga jarak serta menghindari kontak fisik.

Penyanyi dangdut (pedangdut) koplo Eny Sagita salah satu seniman yang terdampak COVID-19. Ia memanfaatkan waktu dengan membuat berbagai konten video untuk diunggah di kanal YouTube pribadinya. Harapannya berkarya lewat platform video di internet itu bisa mendapat penghasilan guna memenuhi kebutuhan keluarga.

Dalam masa pandemi ini yang jelas banyak job yang dicancel sehingga berdampak pada pelaku seni di seluruh Indonesia, untuk mengisi kegiatan saya fokuskan di youtube karena hal itu yang masih bisa dilakukan dan bisa memberi pemasukan untuk kebutuhan keluarga,” ucap biduan bernama lengkap Eny Setyaningsih dihubungi melalui telepon, Rabu (15/7/2020).

Pandemi COVID-19, Pedangdut Eny Sagita Fokus di YouTube
Pedangdut Eny Sagita dan Lintang Kakung/Instagram Eny_Sagitathemunthul

Fokus di YouTube

Penyanyi dengan ciri khas musik jaranan dangdhut (Jandhut) itu banting setir menekuni youtube karena tidak ada cara lain untuk dapat terus berkarya di tengah pandemi virus corona.

Selama kurang lebih tiga bulan di masa pandemi COVID-19, pedangdut kelahiran Nganjuk 14 Desember 1984 itu mengaku sudah banyak membuat lagu dan konten kreatif di antaranya talkshow yang diunggah di youtube.

Lumayan cukup banyak, nanti bisa dilihat di youtube saya, Ndak cuma lagu untuk konten youtube-nya, tapi juga ada BTS dan talkshow di youtube dibalik layar Eny Sagita, kalau lagunya bisa dilihat di youtube Eny Sagita official, bobyta channel dan Eny’s production,” jelas Eny.

Kendati berhasil meraih pendapatan dari YouTube, menurut Eny, hasilnya naik turun dan tidak menentu. Pendapatan itu tidak sebanding dengan job manggung sebelum pandemi COVID-19.

Kendalanya penghasilan menurun karena di youtube pun juga naik turun ndak tentu. Karena ndak bisa kemana-mana mas harus stay at home,” kata Eny yang malang melintang di dunia musik dangdut dari panggung ke panggung sejak 1996 silam

Untuk pendapatan yang jelas tidak seperti biasanya karena banyak job yang dicancel dan banyak waktu yang dihabiskan untuk di rumah. Semoga masa pandemi ini cepat berakhir dan kita bisa beraktifitas seperti sediakala,” sambung pedangdut koplo yang populer berkat jargon Assololle tersebut.

“Tetap fokus dulu di youtube. Untuk temen-temen semua jangan lupa like, comment, subscribe dan share ke temen-temen yang lain channel youtube saya ya. Semoga cepet selesai pandemi ini, Amin,” lanjutnya mengakhiri.


Editor: Azriel