oleh

Wanita 71 Tahun di Kartoharjo Kota Madiun Positif COVID-19

MADIUN (Jurnaljatim.com) – Kasus konfirmasi positif COVID-19 Kota Madiun kembali bertambah, Sabtu (25/7/2020). Seorang perempuan berusia 71 tahun warga Kelurahan Pilangbango, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, terkonfirmasi positif corona.

Berdasar rilis yang dikeluarkan Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Kominfo setempat, pasien nomor 26 berinisial SY awalnya mengeluh sakit pada 21 Juli lalu dan memeriksakan diri ke dokter. Karena tak kunjung sembuh, SY lalu kembali berobat ke RSUD Kota Madiun tiga hari setelahnya. Rapid test dilakukan dengan hasil reaktif.

Sama seperti dengan penanganan sebelumnya, kemudian yang bersangkutan dilakukam swab test. Pada 24 Juli keluar hasil bahwa SY terkonfirmasi COVID-19. Hasil penelusuran, baik SY maupun kontak eratnya tidak pernah melakukan perjalanan ke luar kota.

Selain itu, tidak ada tamu luar kota yang datang. Petugas kesehatan masih melakukan penelusuran lebih lanjut dengan menghimpun data-data lain. Artinya, penyebab awal tertularnya SY masih belum dapat diperkirakan.

Kontak erat kasus nomor 26 tersebut juga sudah dilakukan swab test dan sedang menunggu hasilnya. Wanita 71 tahun tersebut saat ini tengah menjalani isolasi secara mandiri. Begitu juga dengan kontak erat yang bersangkutan.

Saat ini tercatat 26 kasus konfirmasi COVID-19 di Kota Madiun. 14 di antaranya sudah sembuh. Sembilan orang masih dalam perawatan dan tiga lainnya menjalankan isolasi mandiri. Sesuai ketentuan yang terbaru. Kasus konfirmasi tanpa gejala dapat melaksanakan isolasi mandiri di rumah.

Tingkat kesembuhan kasus konfirmasi di Kota Madiun memang cukup tinggi dan belum pernah tercatat adanya kasus kematian terkait COVID-19. Kendati begitu, bukan berarti tidak ada penularan. Artinya, masyarakat wajib terus waspada dengan mengedepankan protokol kesehatan.


Editor: Hafid