oleh

Cari Ikan di Sungai, Tiga Anak di Jombang Temukan Granat Nanas Korea

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Granat jenis manggis yang diduga masih aktif ditemukan di dasar sungai kecil di Dusun Penanggalan, Desa Dukuhdimoro, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa timur. Penemuan yang bikin sempat heboh itu lalu dilaporkan ke polisi.

Kapolsek Mojoagung Polres Jombang Kompol Paidi membenarkan penemuan itu. Granat itu ditemukan tiga anak yang sedang mencari ikan di sungai pada Minggu sore (23/8/2020).

“Granat jenis manggis asal Negara Korea nomor seri pelatuk bertuliskan ME105C008-805 FUZE M228,” kata Paidi kepada Jurnaljatim.com, Selasa (25/8/2020).

Cari Ikan di Sungai, Tiga Anak di Jombang Dapat Granat Nanas Korea
Petugas mengamankan granat jenis nanas asal Korea/ Istimewa

Ia mengungkapkan, sore itu tiga orang anak warga desa setempat yakni M Alfa Ali Sabeknani (12), Rizky Anak Wawi (13) dan Arifin (14) masuk ke dasar sungai untuk mencari ikan. Secara tidak sengaja Alfa menginjak barang tersebut.

“Barang itu lalu diambil, karena takut menyerupai bom lalu langsung di lempar di pinggir sungai. Kemudian Rizky memungut dan melihatnya dari jarak dekat. Karena merasa takut, akhirnya dilempar lagi. Sedangkan Arifin, hanya melihatnya karena takut,” ungkap Paidi.

Setelah itu, ketiga bocah tersebut naik ke atas sungai dan berteriak mencari pertolongan. Disaat bersamaan, sedang melintas seorang pensiunan TNI bernama Martono (59). Oleh Martono, benda itu diambil dan digenggam lalu dibawa ke rumah Kepala desa setempat.

“Barang itu kemudian ditaruh di area kebun pisang dekat pemukiman warga desa yang selanjutnya dilaporkan ke Polsek Mojoagung,” imbuh mantan Kabagren Polresta Kediri tersebut.

Paidi menambahkan, barang bukti granat tersebut saat ini sudah dibawa ke Madiun dan diserahkan ke Detasemen peralatan (Denpal) TNI Angkatan Darat untuk diamankan.


Editor: Hafid