oleh

Gombloh, Sang Pencipta Lagu Kebyar-kebyar Asal Jombang Jawa Timur

SURABAYA (Jurnaljatim.com) – Masih ingatkah dengan Gombloh, penyanyi sekaligus pencipta lagu-lagu nyentrik?. Jika masih ingat Gombloh, tentu tahu lagu Kebyar-kebyar yang hingga saat ini sering dinyanyikan di berbagai acara nasional, termasuk dalam memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Lagu Kebyar-kebyar itu merupakaan ciptaan Gombloh. Lagu itu dirilis pertama kali pada tahKemerde dan dimuat dalam album musik milik Lemon Tree’s Anno ’69 bertajuk sama yang diedarkan oleh label rekaman Golden Hand Record.

Lalu siapakah gombloh sang penyanyi pop sekaligus pencipta lagu gebyar-gebyar tersebut?

Melansir wikipedia.org, Gombloh adalah penyanyi legendaris Indonesia yang lahir di Tawangsari, Kepatihan, Jombang, Jawa Timur (Jatim) pada 14 Juli 1948. Ia meninggal di Surabaya 9 Januari 1988 pada umur 39 tahun. Ia dilahirkan dengan nama asli Soedjarwoto Soemarsono.

Gombloh meninggal akibat penyakit paru-paru yang lama dideritanya. Pada tahun 1996, sejumlah seniman Surabaya membentuk Perpaduan Seniman Surabaya dengan tujuan menciptakan suatu kenangan untuk Gombloh yang dianggap sebagai pahlawan seniman kota.

Mereka sepakat membuat patung Gombloh seberat 200 kg dari gangsa. Patung itu ditempatkan di halaman Taman Hiburan Rakyat Surabaya, salah satu pusat kesenian di bandar itu.

Pada tanggal 30 Maret 2005 dalam acara puncak Hari Muzik Indonesia III di Jakarta, Gombloh mendapat penghargaan Nugraha Bhakti Muzik Indonesia secara anumerta dari PAPPRI, bersama sembilan tokoh musik lainnya.

Lirik lagu Kebyar-kebyar

Berikut ini lirik dan chord lagu “Kebyar Kebyar” dari Gombloh.
[Intro]
D G D G D E C#m A [2x]
G A Bb C D
Bb C D
haa ha haa..

[Reff]
D
Indonesia..
G D G D
merah darahku..putih tulangku
E C#m A
bersatu dalam semangatmu..

D
Indonesia..
G D G D
debar jantungku..getar nadiku
E C#m A
berbaur dalam angan anganmu..
G A
kebyar kebyar.
Bb C D
pelangi..jingga…
Bb C D
haa ha haa..
D
Indonesia..
G D G D
nada laguku..symphony perteguh..
E (-C#m) A
selaras dengan symphonimu
G A
kebyar kebyar..
Bb C D
pelangi..jingga…
Bb C D
haa…ha..haa..
C
…biar pun bumi berguncang
Bm D E A
…kau tetap Indonesia-ku
C
…andaikan matahari terbit dari barat
Bm D E A
…kau pun Indonesia-ku
Am
… tak sebilah pedang yang tajam
Dm
…dapat palingkan daku darimu


Editor: Hafid