oleh

Meriahkan HUT RI ke 75, 100 Orang Beradu Layang di Sumobito Jombang

 

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Warga Mojodadi, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jawa timur, adakan perlombaan adu layang-layang di areal persawahan desa setempat. Sebanyak 100 peserta turut serta meramaikan lomba yang dihelat sel dua hari, Sabtu dan Minggu tanggal 8 dan 9 Agustus.

Ketua panitia perlombaan, Abdul Muid mengatakan, pertandingan diadakan untuk menjalin silaturahmi sesama penghobi layang-layang sekaligus memeriahkan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 tahun 2020.

“Untuk pemenang sudah keluar, ada tiga juara yang kami sediakan. Pemenang dapat uang tunai” jelas Muid kepada Jurnaljatim.com, Minggu (9/8/2020).

Juara pertama atas nama Faisal warga desa Karangwinongan Kecamatan Mojoagung mendapat uang tunai Rp300 ribu, juara kedua atas nama Ronggi warga Desa Tragal kecamatan Sumobito mendapat uang tunai Rp200 ribu dan peserta atas nama Anas warga Mojodadi Kecamatan Sumobito meraih juara ketiga mendapat hadiah Rp100 ribu.

Muid membeberkan peraturan perlombaan peserta yang putus dinyatakan kalah atau sistem gugur. Layangan berwarna merah putih disediakan dari pihak panitia, peserta hanya membawa gelasan ori toko. Permainan sistem ulur dan tidak boleh bandangan.

“Intinya yang putus dulu langsung gugur, peserta yang menang langsung diminta untuk menurunkan layangannya, dan menunggu lawan berikutnya. Selama pertandingan menjaga protokol kesehatan pencegahan COVID-19,” bebernya.

Muid menambahkan, kegiatan itu murni dalam rangka menyambut HUT RI yang ke 75. Pihaknya mengaku tidak menyangka kegiatan itu banyak peminatnya hingga ratusan orang peserta mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

“Peserta dikenakan biaya Rp10 ribu untuk pendaftaran. Rata rata peserta dari Mojodadi dan sebagian desa lainnya,” tutupnya. (*)


Editor: Azriel