oleh

Mulai 14 Agustus, Perjalanan KA Lokal Berhenti di Tiap Stasiun di Jombang

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Enam perjalanan Kereta Api (KA) lokal yang sebelumnya tidak berhenti di sejumlah stasiun di Jombang di antaranya di stasiun Sembung, Sumobito, Peterongan, dan Curahmalang akan dilakukan penyesuaian kembali perjalanannya.

Keenam KA yang mengalami penyesuaian pemberhentian yakni KA dhoho lintas Kertosono – Surabaya; KA dhoho lintas Surabaya – Kertosono; KA ekonomi lokal lintas Surabaya – Kertosono; KA ekonomi lokal lintas Kertosono – Surabaya; KA ekonomi lokal lintas Surabaya – Kertosono; dan PLB ekonomi lokal lintas Kertosno – Surabaya.

“Penyesuaian perjalanan KA lokal diberlakukan mulai Jumat 14 sampai dengan Senin 31 Agustus 2020,” kata Ixfan Hendriwintoko Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun kepada Jurnaljatim.com, Senin malam (10/8/2020).

Ia mengungkapkan, penyesuaian pemberhentian perjalanan KA itu juga sesuai surat Bupati Jombang tertanggal 29 Juli 2020 nomor 028/3032/415/6/2020 perihal pembukaan kembali stasiun wilayah Kabupaten Jombang.

“Namun begitu, bagi para pelanggan yang akan bepergian menggunakan KA lokal harua mematuhi protokol kesehatan COVID-19 yang telah ditetapkan,” jelas Ixfan.

Sebelumnya, koordinator gugus tugas pencegahan penyebaran COVID -19 Kabupaten Jombang meminta kepada PT KAI Daop 7 Madiun, untuk sementara waktu semua KA lokal yang melewati stasiun di wilayah Kabupaten Jombang seperti Sembung, Peterongan, Sumobito, dan Curahmalang tidak dilayani untuk naik turun pelanggan.

“Hanya stasiun besar Jombang saja yang melayani naik turun penumpang, dengan tujuan untuk lebih mudah dalam melakukan pemantauan dan pengendalian penyebaran COVID-19 di wilayah Kabupaten Jombang,” kata Ixfan.

Ixfan menambahkan, kendati masa pandemi belum berakhir namun kehidupan dengan tatanan baru telah dijalankan. PT KAI secara berangsur juga telah mengoperasikan beberapa Kereta Api (KA) reguler di wilayah daop 7 Madiun mulai dari KA jarak jauh, menengah maupun lokal.

“Tiket dapat dipesan mulai H-7 keberangkatan secara online dan mitra resmi penjualan tiket KAI lainnya. Sedangkan loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api,” pungkasnya.


Editor: Azriel