oleh

Pelanggan KA Meningkat, Bulan Agustus Angkut 149.766 Penumpang

MADIUN (Jurnaljatim.com) – Jumlah pelanggan kereta api (KA) di wilayah Daop 7 Madiun terus meningkat. Di bulan ini, terhitung mulai tanggal 1 hingga 24 Agustus, Daop 7 mencatat ada sebanyak 149.766 pelanggan KA yang diangkut.

“Bulan Agustus kemarin ada libur panjang yakni hari besar nasional dan hari besar islam sekaligus juga ada cuti bersama, jadi pelanggan KA jumlahnya bertambah,” kata Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko Rabu (26/8/2020).

Dia pun merinci, bulan Juni lalu sebanyak 55.944 pelanggan, lalu di bulan Juli jumlahnya 108.490 pelanggan. Sedangkan pada tanggal 1 – 24 Agustus terdapat sebanyak 149.766 pelanggan.

Untuk persentase dari bulan Juni ke Juli, kata Ixfan, meningkat sebesar 197 persen atau naik 97 persen, sedangkan dari Juli ke Agustus meningkat 138 atau naik 38 persen.

Perjalanan KA ditambah

Selain adanya libur dan cuti bersama,  faktor lain yang memengaruhi meningkatnya pelanggan KA sejak Juni hingga Agustus 2020, yakni adanya penambahan perjalanan KA yang melintas di wilayah Daop 7 serta rapid test murah di Stasiun Madiun.

“Sekarang yang melintas di wilayah Daop 7 Madiun sebanyak 14 KA atau 28 Perjalananan. Ini mempunyai andil cukup tinggi terhadap peningkatan volume pelanggan yang menggunakan transportasi KA,” ujarnya.

Ia menambahkan, dikarenakan masa pandemi corona masih belum berakhir, maka bagi pelanggan yang akan naik KA, tetap diwajibkan untuk memenuhi beberapa persyaratan, di antaranya menunjukkan surat bebas COVID-19 serta menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

“Kami berharap dengan kedisiplinan pelanggan dan petugas, serta tenan yang ada di kawasan stasiun dalam menjalankan protokol kesehatan dapat memutus penyebaran covid 19,” pungkasnya.


Editor: Hafid