oleh

Polres Trenggalek Gagalkan Penyelundupan 41.786 Ekor Baby Lobster

TRENGGALEK (Jurnaljatim.com) – Keoplisian resor (Polres) Trenggalek mengamankan 41.786 ekor baby lobster atau benur yang hendak diselundupkan ke Pacitan, Jawa timur. Puluhan ribu benih itu diamankan dari AN warga Pacitan saat melintas di Jalan Raya Kecamatan Panggul.

“Ini salah satu hasilnya dan jumlah benur yang berhasil diungkap merupakan yang terbesar selama ini,” kata Kapolres Trenggalek, AKBP Doni Satria, Minggu (9/8/2020).

Doni mengungkapkan, penggagalan upaya penyelundupan itu merupakan hasil penyelidikan tim khusus yang bertugas mengungkap kasus-kasus yang berkaitan dengan kejahatan kelautan dan perikanan, termasuk penyelundupan benur dari perairan Trenggalek.

Dalam penangkapan itu, petugas menemukan 9 boks berisi benur yang tidak dilengkapi dokumen resmi. Benur tersebut terdiri dari jenis pasir sebanyak 39.576 ekor dan jenis mutiara 2.210 ekor. Dari hasil pemeriksaan, AN mengaku mengambil benur dari seorang pengepul berinisial KO warga Kecamatan Panggul.

“Rencananya benur ini akan dibawa ke Pacitan dan sedang kami lakukan penyidikan lebih lanjut,” jelasnya.

Hingga saat ini polisi masih terus melakukan pengembangan terkait kasus tersebut. Sebagai upaya pencegahan, beberapa titik perbatasan menuju luar kota akan diperketat lagi. Polisi juga memberikan edukasi terhadap para nelayan untuk tidak menjual benur karena menyalahi aturan.

“Kami juga lakukan pencegahan dengan memberikan edukasi terhadap nelayan untuk tidak menjual benur lagi,” tandasnya. (ST)


Editor: Azriel