oleh

HUT ke 75 TNI, Pangkoarmada II Ziarah Makam Presiden ke-4 Gus Dur di Jombang

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 Tentara Nasional Indonesia, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda (Laksda) TNI Heru Kusmanto berziarah ke makam Presiden RI ke 4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa timur, Rabu (23/9/2020).

Pangkoarmada II hadir bersama rombongan di antaranya, Danpus Penerbal Laksda TNI Edwin, Danlanud Muljono/Surabaya Kolonel Pnb M Somin, Kasdiv 2 Kostrad Brigjen TNI Tjaturputra Gunadi, dan Kasgartap III/Surabaya Brigadir Jenderal TNI (Mar) Purwadi.

Selain itu, Komandan Korem 082/CPYJ Mojokerto Kolonel INF Muhammad Dariyanto, Dandim 0814/Jombang Letkol Infanteri Triyono, Bupati Jombang Mundjidah Wahab dan Wakil Bupati Sumrambah serta Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho.

Kedatangan rombongan disambut pengasuh pondok pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin. Rombongan juga mengikuti protokol kesehatan COVID-19. Seperti pengukuran suhu badan dengan alat Thermogun, memakai masker, cuci tangan serta menjaga jarak. Setelah itu masuk ke ndalem kasepuhan.

Tak lama kemudian Heru Kusmanto bersama rombongan ke kompleks makam keluarga Ponpes Tebuireng. Sebelum ziarah dilakukan, terlebih dulu melakukan upacara penghormatan.

Setelah itu tabur bunga dan berdoa bersama di pusara makam Gus Dur serta sejumlah pahlawan nasional lainnya, di antarnya pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asyari dan Menteri Agama RI pertama KH Abdul Wahid Hasyim.

Heru Kusmanto mengatalam ziarah merupakan rangkaian menyambut HUT ke-75 TNI. Menurut Heru, nilai perjuangan para pejuang harus menjadi cambuk bagi prajurit TNI untuk mengabdikan diri kepada bangsa dan negara.

“Kami dari prajurit TNI yang akan memperingati hari ulang tahun ke-75 berharap bisa mengabdikan diri lebih baik, lebih optimal, berjuang demi bangsa yang kita cintai,” katanya kepada wartawan.

Ia juga mengatakan bahwa ziarah itu sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan. Tujuannya, agar seluruh prajurit TNI di Indonesia bisa meneladani jasa dan perjuangan para pendahulu semasa hidup.

“Kami melaksanakan ziarah ini agar para prajurit TNI di seluruh Indonesia bisa meneladani dan melanjutkan perjuangan Gus Dur,” katanya.


Editor: Hafid