oleh

Kronologi Laka Motor vs Truk Hingga Tewaskan 3 Orang di Jombang

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Kecelakaan maut antara kendaraan sepeda motor dan mobil truk terjadi di jalan raya Desa Janti, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa timur. Tiga orang meninggal dunia dan satu orang mengalami luka berat, Minggu (27/9/2020).

Sulis (41) warga setempat mengatakan, awalnya ia melihat sepeda motor vario bernomor polisi S 4366 OAK berjalan dari selatan ke arah utara. Motor itu dikendarai wanita bernama Agustiningsih (37) warga Dusun Betek utara Desa Betek, Kecamatan Mojoagung.

Agustiningsih saat itu membonceng Siti Julaikah (23) dan dua orang anak kecil di depan, yakni anak Agustingisih insial MAM (9) dan inisial ARH (2) anak dari Siti Julaikah.

“Dia (pengendara) bonceng dua anak di depan dan satu perempuan di belakang. Motor berajalan dari utara ke selatan,” kata Sulis di lokasi.

Mendekati lokasi kejadian, motor Agustiningsih tiba-tiba berjalan mengarah ke kanan. Bersamaan itu dari arah berlawanan melaju truk nopol AG 8765 EC dikemudikan Sunyoto (48) asal Dusun Bulir, Desa Ngreco, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri.

Meski sopir truk asal Kediri tersebut berusaha melakukan pengereman laju kendaraanya, namun tabrakan tak bisa dihindari.

“Saya tahunya motor nyelonong ke kanan. Kan di depan motor ada dua anak, kemungkinan tidak bisa menguasai setirnya terus nyelonong ke kanan. Saya kan sudah mengerem beberapa meter, tapi ya itu (tertabrak),” kata sopir truk, Sunyoto.

Tiga orang meninggal dunia

Benturan keras mengakibatkan dua anak yang diboceng depan yakni MAM (9) dan ARH (2) tewas di lokasi kejadian. Sedangkan pengendara Agustiningsih meninggal di Puskesmas Mojoagung. Sementara Siti Julaikhah warga Dusun Tragal, Desa Kedungpapar, Kecamatan Sumobito mengalami luka berat.

“Yang meninggal di lokasi 2 anak kecil yang berdiri di depan, sedangkan pengendara motor meninggal di puskesmas, satunya perempuan yang dibonceng belakang luka berat (kritis) dan dibawa ke RSUD Jombang,” lanjut Sulis menambahkan.

Kanitlaka Satlantas Polres Jombang Itpu Sulaiman membenarkan membenarkan kejadian tersebut. Faktor yang memengaruhi laka lantas pada pengendara motor varia yang tidak bisa menguasai kemudi.

“Anggota sudah melakukan olah TKP, kendaraan kita amankan guna proses penyidikan lebih lanjut,” kata Sulaiman.


Editor: Hafid