oleh

Pencuri Kain Kafan Mayat di Jombang Gali Kuburan Pakai Piring

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Warga dikagetkan dengan adanya pencurian kain kafan di makam almarhum Anis Purwaningsih (26) di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Hal tersebut diketahui usai kuburannya digali dan dibongkar orang tak dikenal dan satu ikat tali kafan mayat almarhum hilang dicuri orang tak dikenal. Peristiwa yang menggegerkan warga kemudian dilaporkan ke Polsek setempat.

“Yang mengetahui kuburannya dalam keadaan terbongkar atau sudah digali orang tidak dikenal adalah Suparno (54) warga Dusun Padarkidul desa Kesamben sekitar jam 16.00 Wib,” kata Kapolsek Ngoro AKP Yanuar dalam keterangan tertulisnya, Minggu malam (20/9/2020).

“Setelah dilakukan pengecekan ternyata yang hilang satu potong kain kafan dari 3 potong kain kafan,” lanjut Yanuar menjelaskan.

Sekitar pukul 20.30 WIB jenazah almarhum Anis sudah kembali dimakamkan oleh keluarga dibantu warga sekitar. Sementara disekitar makam telah terpasang garis polisi.

Di tempat kejadian perkara, polisi menemukan alat berupa piring yang terbuat dari seng. Diduga, piring itu dipakai untuk menggali kuburan tersebut. Hingga saat ini, belum diketahui pelakunya, dan polisi masih menyelidikinya.

“Pihak keluarga yang meninggal bersama tiga pilar menyatakan tidak mempermasalahkan dan minta jenazah dikubur kembali,” imbuhnya.

Anis meninggal dan dimakamkan pada Sabtu (19/9/2020) pada pukul 16.00 Wib. Lokasi makam Anis berada di sebelah makam bayinya yang meninggal usai dilahirkan. Anak Anis meninggal sehari sebelum Anis meninggal dunia, atau pada Jumat (18/9/2020).

Yanuar menambahkan, barang siapa dengan sengaja dan dengan melawan hak mengeluarkan mayat dari kuburan atau mengambil/ memindahkan atau mengangkat mayat yang dikeluarkan melanggar pasal 180 KUHP diancam 1 tahun 4 bulan.


Editor: Azriel