oleh

Perapian Merambat Bakar Kandang Sapi Milik Warga Banjardowo Nganjuk

NGANJUK (Jurnaljatim.com) – Kebakaran melanda kandang sapi milik warga Jerukwangi, Desa Banjardowo, Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk, Jawa timur. Meski tidak ada korban jiwa, kejadian itu sempat membuat panik warga.

Kandang yang dilahap si jago merah tersebut milik Matno (60) warga Jerukwangi RT 05 RW 03, Desa Banjardowo. Data yang dihimpun di lapangan, kebakaran terjadi Selasa (8/9/2020) sekitar pukul 03.30 WIB dan dilaporkan jam 04.00 Wib dini hari

Menurut keterangan warga, kebakaran bermula ketika sang kakek Matno membuat perapian di kandang sapi yang berada di belakang rumahnya. Perapian dibuat dari sisa pakan ternak sapi yang bercampur kotoran sapi.

Rupanya perapian yang dalam istilah jawa disebut diang tersebut tidak ditunggu dan ditinggal pulang ke rumahnya. Api diang menjadi besar dan merambat ke tumpukan jerami di sebelah perapian hingga membakar kandang sapi.

“Saat kejadian korban berada di dalam rumah,” ucap Kasubbaghumas Polres Nganjuk Iptu Rony Yunimantara dikonfirmasi Selasa pagi (8/9/2020).

Melihat kobaran api, pemilik kandang dan warga langsung berhamburan membantu pemadaman. Bersamaan itu, petugas Polsek dan elemen terkait juga datang membantu.

“Alhamdulilah berkat kesigapan aparat bersama warga, api bisa dipadamkan dan tak sampai menimbulkan kerugian besar. Tidak ada korban jiwa namun kerugian material mencapai Rp700.000,” tuturnya.


Editor: Hafid