oleh

Puluhan Pelanggar Protokol Kesehatan di Nganjuk Terjaring Razia

NGANJUK (Jurnaljatim.com) – Petugas gabungan di Kabupaten Nganjuk menggelar operasi yustisi untuk menekan penyebaran COVID- 19 di Kabupaten setempat. Giat itu diharapkan dapat mendisiplinkan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi corona.

Operasi Yustisi yang digelar pada Selasa (15/9/2020) tersebut dilaksanakan berdasarkan Instruksi Presiden nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan kedisiplinan protokol kesehatan.

“Kami dari instansi terkait melaksanakan Operasi Yustisi dalam rangka menertibkan kembali agar masyarakat lebih disiplin mematuhi protokol kesehatan. Semua,” kata Kapolres Nganjuk melalui Kasubbaghumas Iptu Rony Yumantara.

Mantan KBO Lantas Polres Nganjuk tersebut mengungkapkan saat ini perkembangan COVID-19 di wilayah hukum Polres Nganjuk masih cukup tinggi dan berisiko.

“Ini jadi atensi kita bersama jangan sampai masyarakat terus tertular, sehingga perlu ada pendisiplinan agar masyarakat patuhi protokol kesehatan,” kata.

Ia menyampaikan operasi yustisi dilakukan dengan humanis dan persuasif, namun tetap ada ketegasan pada masyarakat agar dapat terhindar dari penularan COVID-19.

“Dalam oprasi Yustisi kali ini TNI Polri dan Pemerintah Daerah Kabupaten Nganjuk akan selalu gencar melaksanakan sosialisasi kepada masayarakat dengan Sosialisasi 3M dan kali ini sasaran Operasi Yustisi bertempat depan gedung wanita Jalan Yos Sudarso Nganjuk,” ujarnya

Sementara itu, hasil dari razia itu petugas melakukan penindakan teguran tertulis sebanyak 17 orang pengendara roda 4 dan roda 2 yang tidak memakai masker, serta teguran lisan sebanyak 15 orang pengendara roda 2 dan roda 4 yang dalam pemakaian masker tidak dilakukan dengan benar.

Rony berharap dengan dilakukannya operasi Yustisi masyarakat bisa ikut berpartisipasi mendukung imbauan pemerintah untuk selalu mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19 yang saat ini masih belum menunjukkan tren penurunan jumlah penderitanya.


Editor: Hafid