oleh

Rumah Kosong di Jombang Terbakar Akibat Korsleting Listrik

JOMBANG (Jurnaljatim.com)- Rumah kosong milik Juni Susilo (60) di Dusun Kebondalem, RT 04 RW 03, Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, terbakar, Kamis (17/9/2020). Tak ada korban jiwa dalam kebakaran itu, namun kerugian materiil jutaan rupiah.

Kepala desa Kademangan, Hendro Wahyuadi mengungkapkan bangunan rumah yang terbakar jarang dihuni. Rumah itu kosong karena pemiliknya tinggal di rumah yang satunya.

“Rumah ini untuk ampiran (singgahan) tidak ditempati setiap hari, jadi saat kejadian tidak ada orang (kosong). Pemilik kan rumahnya dua, satunya di RT 02 RW 03. Jadi tidak ada korban jiwa,” kata Hendro kepada wartwan di lokasi.

Kepala Desa Kademangan Hendro Wahyuadi/ Istimewa

Berdasarkan informasi di kepolisian, terbakarnya rumah kosong kali pertama diketahui Ita (45) yang rumahnya disamping lokasi kebakaran. Sekitar jam 19.00 Wib, Ita melihat percikan api dari jendala rumah tersebut.

Spontan ia teriak minta tolong ke tetangga sekitar. Kobaran api semakin membesar setelah membakar atap rumah yang terbuat dari kayu dan bambu. Warga lalu menghubungi pemadam kebakaran serta melaporkan kejadian ke Polsek Mojoagung Jombang.

Tak lama kemudian, satu unit mobil pemadam kebakaran meluncur ke lokasi dan melakukan pemadaman. Api berhasil dipadamkan dan tidak sampai membakar seluruh bangunan rumah. Namun seluruh perabotan berupa kasur, lemari dan televisi hangus dilahap si jago merah.

“Barang bukti yang kita amankan sisa atap rumah dab lemari yang terbakar. Untuk kerugian diperkirakan Rp4 juta,” kata Kapolsek Mojoagung Kompol Paidi kepada Jurnaljatim.com.

Dari hasil olah TKP dan keterangan sejumlah saksi di lokasi kejadian, lanjut Paidi, dugaan sementara penyebab kebakaran rumah berukuran 5×8 meter tersebut akibat korsleting listrik.


Editor: Hafid