oleh

Tiga Bulan, Pemuda di Nganjuk Curi 12 Disel Pompa di Sawah

NGANJUK (Jurnaljatim.com) – Khoirul Anwar (30) diringkus polisi di rumahnya Dusun Sumbergayu, Desa Klurahan, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk. Dia diduga pelaku pencurian wayer diesel atau disel pompa di persawahan milik Muh Tri Basuki (34) warga Desa Patihan, Kecamatan Loceret.

Dalam penangkapan itu, polisi mengamankan barang bukti 4 buah mur baut, 4 buah wayer diesel yakni 3 buah NS 80 dan 1 buah NS 100, 1 unit motor honda beat nopol AG 4645 UI yang digunakan sebagai sarana serta 3 buah kunci pas untuk melepas wayer.

Kasubbaghumas Polres Nganjuk, Iptu Rony Yunimantara mengatakan Khoirul dibekuk petugas unitreskrim Polsek Loceret dan dibackup Resmob Satreskrim Polres di rumahnya tanpa perlawanan.

“Pelaku saat ini sudah ditahan,” ungkap Rony, Sabtu (12/9/2020).

Bermula Polsek Loceret menerima laporan dari Tri Basuki yang kehilangan disel pompa di sawahnya pada 29 Agustus lalu. Dalam proses penyelidikan, didapati informasi ada seorang tukang rosok bernama Rosicun (48), warga Kecamatan Berbek membeli disel pompa NS 100.

“Dicurigai barang yang dibeli tukang rosok itu dari hasil kejahatan. Ciri-cirinya sesuai milik korban yang hilang,” katanya.

Selanjutnya, polisi menginterogasi Rosicun hingga Ia mengaku jika pompa disel tersebu dibeli dari pria bernama Khoirul Anwar. Polisi pun bergerak menciduk Khoirul dan membawanya beserta barang buktinya ke kantor polisi untuk diproses lebih lanjut.

Dihadapan polisi, pemuda karyawan swasta itu mengakui semua perbuatannya. Bahkan dalam kurun waktu tiga bulan mulai Mei sampai Juli, tersangka sudah nyolong disel pompa sebanyak 12 kali di wilayah hukum Nganjuk.

Dalam aksinya, cara tersangka melepas pompa air di sawah menggunakan kunci pas yang sudah dipersiapkan. Setelah itu, diangkut menggunakan sepeda motor miliknya.

“Selain melakukan curat di wilayah Loceret, tersangka mengaku sudah melakukan curat pompa disel sekitar 11 TKP di antaranya Tanjunganom 2 TKP; Sukomoro 5 TKP; Pace 1 TKP; Ngronggot 2 TKP; Kertosono 1 TKP,” imbuhnya.

Rony menambahkan, pihaknya masih terus mendalami kasus curat guna mengetahui kemungkinan ada TKP lainnya. Untuk barang bukti sudah diamankan di Polsek Loceret.


Editor: Azriel