oleh

Truk Muat Kardus Bekas Terbakar di Jalan Brigjen Kretarto Jombang

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Truk bernomor polisi S 9568 UP muat rongsokan terbakar di Jalan Brigjen Kretarto, Desa Mojongapit, Kecamatan Jombang, Jumat sore (18/9/2020). Kebakaran tersebut tidak memakan korban jiwa. Sopir dan kernet beserta kendaraan bisa diselamatkan.

Informasi yang diperoleh Jurnaljatim.com di lokasi, truk muatan kardus bekas dikemudikan Lukman Hakim (38), warga Desa Mojongapit, Kecamatan Jombang. Awalnya, kendaraan melaju dari barat Desa Sambongdukuh menuju ke Desa Mojongapit, Jombang, Jawa timur.

Mendekati lokasi kejadian tepatnya timur kantor Satlantas Polres Jombang, sopir melihat kepulan asap di bagian bak truk. Seketika itu, sopir menepikan truk dan menghentikan laju kendaraan.

“Sopir dan kernet truk langsung menurunkan barang-barang yang ada di bak truk berupa kardus bekas,” ujar Kasi Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana BPBD Jombang Gunadi.

Api yang membakar kardus bekas terus membesar saat setelah barang diturunkan. Kardus bekas yang terbakar tercecer hingga ke bahu jalan sebelah selatan. Satu unit mobil pemadam kebakaran dari BPBD Jombang diterjunkan ke lokasi untuk menjinakkan api.

“Barang saat diturunkan itu sudah terbakar. Jadi, terbakar itu sejak di atas bak truk. Truknya selamat tidak terbakar,” ujarnya.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran itu. Gunadi menduga, kebakaran berasal dari puntung rokok.

“Kalau misalkan dari kelistrikannya pasti badan truk terbakar. Ini mobilnya aman. Kemungkinan dari puntung rokok. Kalau tidak gitu, ya saat barang dinaikkan terkena percikan api,” imbuhnya.

Meski tak ada korban jiwa, namun arus lalu lintas di lokasi terganggu. Petugas lalu lintas Polres Jombang yang ada di lokasi sempat mengalihkan jalur untuk menghindari kemacetan jalan.


Editor: Hafid