oleh

33 Warga Jombang Terjaring Razia Masker, 4 Orang Didenda Rp100 Ribu

Jombang, Jurnal Jatim – Masih saja ada warga Jombang, Jawa timur yang melanggar protokol kesehatan dengan tidak memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. Padahal pandemi COVID-19 saat ini masih belum hilang.

Sedikitnya didapati 33 orang pelanggar protokol kesehatan yang terjaring operasi yustisi petugas gabungan Polri, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan di bundaran ringin contong, Kota Jombang, Rabu sore (28/10/2020).

Perwira pengawas Polres Jombang AKP Moch Mukid menuturkan, sanksi puluhan pelanggar tak pakai masker tersebut bervariatif. Mulai dari sanksi sosial hingga membayar uang denda di tempat.

Mukid merinci, pelanggar yang disanksi menyayikan lagu Indonesia Raya dan menghafal Pancasila sebanyak 7 orang. Kemudian sanksi sosial Push- up dan lainnya jumlahnya 22 orang.

“Untuk sanksi denda di tempat dengan membayar uang sebesar Rp100.000 sebanyak 4 orang,” kata Mukid yang memimpin giat tersebut.

Ditegaskan Mukid, operasi gabungan yustisi penindakan dan penertiban masyarakat yang tidak memakai masker dalam rangka implementasi Inpres nomor 6 tahun 2020 dan Perda Provinsi Jatim nomor 2 tahun 2020 dan Perbup Jombang nomor 57 tahun 2020.

“Kami minta warga untuk disiplin protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan  pengendalian virus corona di Kabupaten Jombang,” tandas perwira yang menjabat sebagai Kasatresnarkoba tersebut.

Sebatas diketahui, berdasarkan data di Dinkes Jombang pada Rabu 28 Oktober, jumlah terkonfirmasi positif COVID-19 ada sebanyak 1163 kasus. Rinciannya, 952 orang sembuh, 107 orang dirawat dan sebanyak 104 orang meninggal dunia.