oleh

Api Pembakaran Sampah Picu Kebakaran Rumah di Peterongan Jombang

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Api pembakaran sampah diduga menjadi pemicu kebakaran di rumah milik Ahmad Efendi (64) di Dusun Bongkot, Desa Bongkot, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa timur pada Senin siang (12/10/2020).

Meski tak ada korban jiwa, pemilik rumah mengalami kerugian jutaan rupiah. Sebab, bangunan rumah di bagian dapurnya ludes terbakar hingga nyaris rata tanah.

Kapolsek Peterongan Jombang, Iptu Sujadi mengatakan kebakaran di rumah Ahmad Efendi tersebut dilaporkan ke Polsek Peterongan pada pukul 10.30 WIB. Setelah itu petugas meluncur ke TKP mengamankan lokasi kejadian.

“Setelah mendapat laporan petugas Polsek peterangan mendatangi TKP dan menghubungi PMK Kabupaten Jombang guna memadamkan Api,” kata Kapolsek Peterongan Iptu Sujadi.

Begitu petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi langsung berusaha memadamkan api yang membakar rumah di bagian dapur. Hembusan angin kencang membuat atap bangunan yang terbuat dari bambu hangus hingga ludes terbakar.

Beruntung api tak sampai merembet ke sekitar. Sebab, tidak sampai 30 menit api berhasil dipadamkan petugas PMK tanpa adanya korban jiwa.

“Bgaian dapurnya hangus terbakar. Tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materiil saja,” jelas Sujadi.

Dia menambahkan, berdasarkan keterangan sejumlah saksi di lokasi kejadian, api diduga berasal pembakaran sampah di dalam rumah milik sopir tersebut. Kendati begitu, pihak kepolisian masih menyelidiki secara pasti penyebab kebakaran tersebut.

“Guna penyelidikan lebih lanjut, kami mengamankan barang bukti berupa satu bambu yang terbakar di lokasi,” pungkas mantan Kaur Bin Ops Satreskrim Polres Jombang tersebut.


Editor: Azriel