oleh

Asosiasi BPD Kecamatan Ploso Butuh Pelatihan Peningkatan SDM

Jombang, Jurnal Jatim – Ketua Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Anak Cabang Kecamatan Ploso, Jombang, Rokib menyampaikan SDM (Sumber Daya Manusia) BPD di Ploso belum cukup mampu untuk memenuhi tugas pokok dan fungsinya.

Ia pun berharap agar ada semacam pendidikan dan pelatihan kilat bagi anggota BPD di Ploso agar kinerja dapat lebih maksimal.

“Kami berharap agar ada pelatihan terhadap anggota BPD. Hal ini guna memaksimalkan kinerjanya sesuai dengan tupoksi BPD,”kata Rokib dalam sambutan pelantikannya sebagai ABPEDNAS Kecamatan Ploso, Rabu (38/10/2020).

Sementara itu, Ketua DPC ABPEDNAS Kabupaten Jombang, Abdul Wakhid, menyambut baik usulan tersebut. Dia menyebut, pelatihan atau bimtek (bimbingan teknik) terhadap anggota BPD sudah direncanakan.

“Insyaallah tahun depan bimtek peningkatan kapasitas terhadap anggota BPD bisa dilaksanakan,”katanya.

Sementara itu, Bupati Jombang Mundjidah Wahab yang hadir dalam pelantikan di Kantor Desa Losari Kecamatan Ploso tersebut menyampaikan Dengan dilantiknya PAC ABPEDNAS  harus ada perubahan yang lebih baik di desa.

Mundjidah berharap BPD bisa berkerjasama dengan Pemerintah Desa untuk kemajuan dan pembangunan desa. “Dan semua hasil Musyawarah Desa (Musdes) itu dimulai dari dusun. Kalau melihat terpilihnya anggota BPD kan dari dusun,” katanya.

“Kami ingin BPD menjadi mitra pemerintah desa dalam membangun desa. BPD tidak akan menjadi lawan pemerintah desa ketika pemerintah desa menjalankan tugasnya sebagaimana aturan yang digariskan,”lanjut Mundjidah mengakhiri.

 

 

Editor: Azriel