oleh

Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor KH Abdullah Syukri Wafat

Ponorogo, Jurnal Jatim – Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), Ponorogo, Jawa timur berduka. KH Abdullah Syukri Zarkasyi, pengasuh sekaligus pimpinan pondok tersebut meninggal dunia dan jenazah rencananya di makamkan hari ini, Rabu (22/10/2020).

Informasi yang didapat, jenazah kiai sepuh tersebut dikebumikan pukul 10.00 WIB di makam keluarga di Desa Gontor, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Sebelum dimakamkan, jenazah di salati di masjid Jami pondok setempat.

Kiai Abdullah Syukri Zarkasyi wafat pada Rabu (21/10/2020) sore sekitar pukul 15.00 WIB. Kondisi Kiai Syukri menurun sejak dua hari terakhir karena faktor usia yang sudah sepuh, 78 tahun. Selain itu, almarhum juga menderita penyakit strok dan aneurisma sejak tahun 2012.

“Menjalani perawatan di rumah, sehingga masih bisa bersama kami selama delapan tahun ini,” ucap Adib.

Kiai Syukri lahir pada tanggal 19 September 1942. Almarhum merupakan putra pertama dari KH Imam Zarkasyi, salah seorang Trimurti pendiri PMDG. Selama hidup didedikasikannya untuk menimba ilmu Islam.

Sejumlah karya tulisnya seperti Pokok-Pokok Pikiran untuk Perubahan Pendidikan Nasional, Refleksi dan Rekonstruksi Pendidikan Islam: Model Pendidikan Pesantren Ala Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, dan Menggali Sumber Keuangan Madrasah : Strategi dan Teknik.

“Atas nama Pemprov Jatim dan pribadi, kami menyampaikan duka cita  mendalam. Ini adalah kali kesekian Indonesia kehilangan ulama-ulama sholeh di tahun ini. InsyaAllah, husnul khatimah dan mendapat tempat terbaik disisi Allah SWT. Aamiin. Al-Fatihah,” tulis Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di akun instagram miliknya.

 

 

Editor: Azriel