oleh

Rumah Kakek Lansia di Mojokerto Hangus Terbakar, Kerugian Rp300 Juta

MOJOKERTO (Jurnaljatim.com) – Rumah milik kakek lansia Supomo (84) di jalan Raden Wijaya, Kelurahan Kranggan, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto habis terbakar, Senin malam (5/10/2020). Kebakaran terjadi ketika pemilik rumah sedang berjualan di warung kopi.

Di dalam rumah ada adiknya Titin Suriani berhasil menyelamatkan diri dan berusaha padamkan api namun gagal. Kendati tak ada korban jiwa, namun kerugian pemilik rumah diperkirakan ratusan juta rupiah.

Informasi yang diperoleh, api muncul pertama kali dari rumah bagian tengah. Salah seorang pengunjung di warung melihat api lalu memberitahu pemiliki. Seketika itu pemilik meminta bantuan warga memadamkan api dengan alat seadanya. Namun gagal dan api terus membesar membakar seisi rumah.

“Tidak tahu penyebabnya apa, tiba-tiba api membesar dan membakar bangunan rumah,” kata mbah Mo sapaan akrabnya.

Petugas BPBD Mojokerto, Yanuar mengungkapan, kebakaran dilaporkan sekitar jam 19.10 WIB. Api saat itu sudah berkobar membakar bangunan rumah berukuran 10 x 25 meter. Setibanya di lokasi, petugas langsung melakukan pemadaman.

Dari pendataan dia, terdapat lima unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan ke lokasi. Di antaranya 2 unit PMK Kota Mojokerto dan masing-masing 1 unit dari PMK BPBD Kabupaten Mojokerto, PMK Dragon serta PMK Gama.

“Tim PMK Kota Mojokerto melakukan pemadaman api dengan dibantu PMK terdekat. Api dinyatakan padam pukul 20:00 WIB,” kata Yanuar dihubungi Jurnaljatim.com.

Peristiwa kebakaran yang berlansung satu jam lebih tersebut tanpa menimbulkan korban jiwa. Namun, bangun rumah beserta isi di dalamnya hangus terbakar. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran. Petugas dari Polsek Prajurit Kulon masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran itu.

“Bangunan dan isinya habis terbakar. Kerugian materiil diperkirakan Rp300 juta. Untuk penyebabnya masih dalam penyelidikan polisi,” ujarnya.


Editor: Hafid