oleh

Cinta Sejarah, Giring Ganesha Ziarah Makam KH Wahab Chasbullah Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Plt Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha ziarah ke makam Pahlawan Nasional KH Abdul Wahab Chasbullah di Tambakberas, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Giring didampingi pengurus partai, di antaranya Ketua DPW PSI Moch Teguh Cahyadin, Ketua DPD PSI Jombang Malik Mahardika, Sekjen PSI Jombang, Irawan Dwi Suprayogi, Kamis (19/11/2020).

Pantauan Jurnaljatim.com, ketika berada di makam pendiri dan penggerak Nahdlatul Ulama, Giring dan rombongan terlihat khusuk membaca doa yang dipimpin seorang kiai.

Mantan vokalis grup band Nidji tersebut menyebut, ziarah Itu bagian dari rangkaian tour dirinya bersama sejumlah pengurus partai.

“Ini kita lagi rangkaian tour hari adalah dari Lamongan menuju Trenggalek dan saya pribadi sudah berjalan keliling Indonesia. Dan ini adalah titik ke 24,” katanya usai ziarah.

Giring Ganesha dan pengurus PSI ziarah di makam pahlawan KH Wahab Chasbullah/ Zainul Arifin

Dikatakan dia, sebagai anak muda harus mencintai sejarah nenek moyang. Ziarah ke makam pahlawan itu sebagai bentuk penghormatan atas jasa perjuangannya.

“Saya sebagai anak muda mencintai sejarah dan tidak melupakan jasa- jasa nenek moyang kita, pendahulu kita, dan ke sini membawa rasa hormat, berdoa dan mendoakan untuk semua yang ada di Indonesia,” katanya.

“Saya sendiri adalah pecinta sejarah, saya itu lagi sering bikin konten di Instagram dan di YouTube judulnya belajar sejarah,” lanjutnya.

Pria berusia 37 tahun menyebut, anak muda selalu ngomong tentang progresif dan akan masuk parlemen untuk memperbaiki sistem dan lainnya, tapi yang paling penting atas jasa para pahlawan.

Untuk itu, Giring melanjutkan, anak muda harus selalu aktif melakukan kegiatan yang positif dalam melanjutkan perjuangan para pahlawan.

“Tapi kalau kita tidak mengingat jasa-jasa para pahlawan kita ya buat apa. Justru kita sedang melanjutkan perjuangan pahlawan-pahlawan kita, itu yang paling penting,” kata suami dari Cynthia Riza tersebut.

 

Editor: Azriel