oleh

Empat Bidan Kena COVID-19, Ruang Bersalin RSUD R. Ali Manshur Ditutup

Tuban, Jurnal Jatim – RSUD R. Ali Manshur, Jatirogo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur menutup sementara ruang bersalin hingga 4 November 2020 lantaran ada empat tenaga kesehatan (Nakes) di Rumah Sakit itu yang positif COVID-19.

Juru bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Khomariyati mengungkapkan ruang bersalin akan di buka kembali pada 5 November.

“Ruang bersalin RSUD R. Ali Manshur akan dibuka 5 November,” kata dia, Senin (2/11/2020).

Dia menuturkan, 4 tenaga medis yang terpapar virus corona itu bertugas sebagai bidan di ruang bersalin rumah sakit tersebut. Mereka dinyatakan terpapar berdasarkan hasil tes swab pada 28 Oktober kemarin.

“Keempatnya adalah bidan di RSUD Ali Manshur,” tutur Endah.

Menurutnya, pasien yang akan menjalani proses bersalin bisa menggunakan fasilitas kesehatan terdekat. Di antaranya di Puskesmas Jatirogo dan Kebonharjo.

“Yang mau bersalin sementara bisa di pelayanan kesehatan lainnya, di Puskesmas Jatirogo dan Kebonharjo,” katanya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban tersebut menjelaskan, hasil tracking keempat bidan yang terpapar COVID-19 diduga berasal keluarga salah satu nakes yang positif. Kemudian, menular ke nakes yang lain dan mereka telah diisolasi di RSUD Ali Mansur.

“Mereka statusnya orang tanpa gejala (OTG), doanya semoga lekas sembuh,” kata dia berharap.

Sementara itu, berdasarkan peta sebaran COVID-19 di Kabupaten Tuban pada Minggu (1/11/2020), tercatat angka kumulatif berjumlah ada 645 kasus. Dengan rincian, pasien sembuh 511 orang, dirawat 56 orang, dan meninggal 78 orang.

Endah pun mengimbau kepada masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatam yang telah dianjurkan pemerintah. Di antaranya mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak agar terhindar dari penularan virus corona.

 

 

Editor: Azriel